Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

5 min read

jenis usaha modal kecil untung besar menu sarapan

Saat kita belum mempunyai informasi yang baik tentang , kita tidak tahu kalau ada jenis usaha modal kecil untung besar yang dapat kita rintis sejak dini. Istilah kerennya “usaha modal dengkul”

Apakah kamu tahu siapa itu Bob Sadino? Seorang mantan buruh bangunan yang menjadi pengusaha sukses dengan diawali usaha dari nol dengan modal minim.

Tahu dong, “Tenggelamkan” kata keren dari Bu Susi Pudjiastuti,  Menteri Kelautan dan Perikanan RI beliau berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran bermodalkan uang Rp 750 ribu.

Dari 2 (dua) contoh ini sebaiknya kamu mulai menyadari dan mengubah mindset kamu dan yakin, bisa berhasil mendirikan bisnis dengan modal kecil.

Bagiku modal awal yang utama adalah mempunyai mindset baru untuk memulai usaha sehingga bagi kamu yang ingin merintis usaha atau memulai usaha sampingan, tak perlu berkecil hati jika memiliki modal (uang) terbatas. Selain memperbaharui mindset, kamu perlu memiliki strategi yang tepat untuk memilih salah satu dari puluhan peluang bisnis yang bisa menjadi pintu pemasukan baru.

Bisnis dengan modal Rp 1 juta sekalipun bisa menghasilkan keuntungan berlipat. Belum punya ide bisnis yang ingin dijalani? Tak perlu bingung lagi, berikut 12(dua belas) rekomendasi ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba.

 

12(dua belas) rekomendasi ide bisnis modal kecil

  1. Menjual menu sarapan di rumah

jenis usaha modal kecil untung besar menu sarapan

Di era modernisasi sekarang ini ada kecendrungan suami dan istri bekerja untuk mendapatkan kesejahteran yang berakibat rutinitas pagi menjadi sangat padat. Tidak sempat membuat sarapan. Ini bisa menjadi Peluang usaha untuk kamu yang bisa masak terutama untuk menu-menu sarapan seperti bubur ayam, soto, nasi uduk, nasi kuning, dll.

 

Tidak perlu sewa tempat karena kamu bisa menggunakan teras rumah menggelar lapakmu. Bisa juga tidak perlu kursi, cukup gelar tikar atau lesehan.

Kelemahan dari usaha ini adalah market yang cenderung kecil, yaitu sekitar rumahmu. Tapi jangan berkecil hati, jika tetanggamu mempromosikan masakanmu yang enak keteman-teman kantornya tidak menutup kemungkinan teman-teman kantor mereka menitip beli makanan di warung kamu.

 

  1. Bisnis makanan ringan

jenis usaha modal kecil untung besar makanan ringan

Anak-anak dan orang dewasa menyukai makanan ringan untuk menemani aktifitas mereka. Bekerja, belajar, jalan-jalan bersama keluarga sering kali ditemanin oleh makanan ringan.

Pilihlah makanan ringan dari bahan yang mudah didapat seperti singkong yang bisa diolah menjadi kripik singkong, singkong keju, gatot, sawut, dll.

Baca ini juga:  5 Hal Penting Untuk Membuka Peluang Usaha Franchise di Luar Kota Besar

Bungkuslah makanan ringan dari singkong menjadi beberapa bungkus. Kamu bisa menjual kripik singkong dikantor atau sekolah anak kamu. Jika bisa produksi lebih banyak, kripik singkongnya bisa dititip-titipkan kewarung-warung atau istilah kerenya konsinyasi.

Jika satu bungkus kripik singkong harga Rp 5.000 dengan keuntungan Rp 1.000 dan sehari kamu bisa menjual 50 bungkus. Maka ke untungan kotor kamu sehari Rp. 50.000 atau Rp 1.500.000 per bulan.

Selain dari Singkong, kamu bisa mengolah buah salak menjadi jenis makanan yang memiliki cita rasa khusus dan mengandung gizi yang tinggi. Contoh: aneka jenis makanan seperti dodol hingga sirup.

  1. Bisnis dropship

jenis usaha modal kecil untung besar dari dropship

Bisnis dropship atau aku sebut broker online merupakan jenis usaha modal kecil untung besar karena bisa dijalankan dengan modal dengkul. Kamu tidak perlu memiliki stok atau persediaan barang bahkan toko atau workshop.

Cara menjalankan bisnis dropship adalah temukanlah suplier dari produk yang akan kamu jual. Contoh kamu mau menjual Baju Kemeja Pria. Carilah di internet supplier dari produk itu dengan cara ketik “Suplier Baju Kemeja Pria” dan bandingkan toko satu dengan toko lainnya. Rata-rata kriteria yang digunakan adalah:

  1. Respon customer service yang cepat.
  2. Menerima jasa DropShip
  3. Produk bervariasi dan harga bersaing.

Sebaiknya cobalah untuk transaksi ditoko-toko itu untuk mengetahui kualitas produk sebelum kamu bekerja sama dengan mereka.

Ingat untuk melakukan pengecekan harga jual di pasaran sebelum kamu menentukan harga jual.

Tawarkan produk tersebut di sosmed milik Anda. Jika ada yang membeli, hubungi toko online yang kamu pilih untuk mengirimkan barang ke pembeli.

Hebatnya usaha ini, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal untuk kulakan karena yang terpenting Anda hanya harus mendapatkan pembeli saja. Pengemasan dan pengiriman bakal diurus toko tempat Anda mendapatkan barang. Anda tinggal menikmati selisih harga dari yang ditetapkan toko dan harga yang Anda bandrol.

  1. Bisnis aksesori perempuan

jenis usaha modal kecil untung besar asesoris wanita

Apakah kamu pernah mendengar nama Kartika Yuswadi pemilik aksesori bermerk SemoetKetjil?

Kartika mengawali usahanya dengan modal Rp 1 juta dan secara bertahap Kartika menghasilkan omset hingga Rp 10 juta per bulan.

Sukses Kartika tidak diperoleh dalam semalam. Menjaga kualitas, terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Bangun brand kamu sendiri dan gunakan media sosial untuk mempromosikan brand kamu. Jangan segan-segan menggunakan brand kamu dan menunjukan kepada khalayak ramai sehingga lebih cepat mudah dikenal.

  1. Bisnis kaos pre-order

jenis usaha modal kecil untung besar kaos preorder

Biasanya hal ini sering terjadi saat akan membuat kaos dengan tema tertentu.

Contoh:

  1. Kamu punya design yang oke punya dan menawarkan kepada teman-teman disosial media.
  2. “Design ini akan diproduksi terbatas untuk 20 orang saja”
  3. Setiap orang yang mendaftar wajib membayar uang muka 50%

Sehingga selain mendapat keuntungan, kamu bisa memulai usaha dengan modal kecil karena kamu mendapatkan modal berupa uang muka dari pelanggan

Design yang ciamik dan diproduksi dengan jumlah terbatas bisa menjadi kunci sukses usaha kaos preorder dengan modal kecil.

  1. Jasa pengetikan

jenis usaha modal kecil untung besar jasa pengetikan

Ini juga salah satu peluang usaha modal kecil dari rasa malas orang-orang disekitarmu. Cukup bermodalkan komputer dan laptop kamu bisa membuka jasa pengetikan yang dibayar per lembar dengan 1,5 spasi.

Baca ini juga:  Inspirasi Cari Peluang Usaha Rumahan

Paling menguntungkan jika kamu tinggal dilingkungan kampus atau sekolah karena kemungkinan mereka males mengerjakan tugas mengetik sehingga menggunakan jasamu.

Jika kamu memiliki modal sekitar Rp 800 ribu – Rp 1 juta, kamu bisa membeli printer warna untuk membuka jasa cetak warna atau cetak foto atau cetak stiker. Maksimalkan asset yang kamu miliki untuk menghasilan uang tambahan.

  1. Menjual aneka kue kering

jenis usaha modal kecil untung besar kue kering

Hari raya tidak lepas dari menu kue kering. Meskipun kamu tidak bisa membuat kue kering, kamu bisa bekerjasama dengan temanmu yang bisa membuat kue kering enak.

Buat beberapa contoh kue kering dan tawarkan kepada teman-teman kantor, tetangga, dll.

Untuk memenangkan persaingan, kamu bisa main dirasa. Harga mahal dikit tetapi rasa enak dan diberi kemasan yang menarik.

Kamu juga bisa membuat paket parcel kue kering dan mengantarkannya ke kolega-kolega rekananmu. Kamu bisa menggunakan jasa Ojek Online untuk pengiriman barangnya.


  1. Usaha aneka minuman

jenis usaha modal kecil untung besar aneka minuman

Kamu juga bisa melirik peluang usaha dengan modal kecil seperti menjual aneka minuman kekinian. Ada Kopi susu gula aren, teh Thailand, cokelat, dll

Kamu juga bisa menjual jamu yang dikemas secara kekinian sehingga saat orang menikmati jamu tidak merasa seperti mbah-mbah…hehehehehe.

Kalau kamu bisa meracik kopi dan aneka minuman dari kopi, kamu bisa menjualnya dalam kemasan botol yang menarik dan di titipkan ke minimarket ternama sehingga brand kamu cepat dikenal.

 

  1. Usaha Aksesori Khas Daerah.

jenis usaha modal kecil untung besar kerajinan khas desa

Tahu Kampung Kasongan, di Bantul, Yogyakarta yang terkenal dengan aksesori dari grabah?

Hampir semua aksesori yang ada di Malioboro diproduksi dari kampung Kasongan ini. Tidak hanya di Kasongan, di daerah lain juga memiliki keunikan-keunikan yang bisa dijadikan peluang usaha modal kecil di kampung.

Di Kalimantan ada Suku Dayak dengan ibu-ibu yang menciptakan aneka aksesori berbahan manik-manik khas Kalimantan.

Aneka kerajinan seperti ini bisa menjadi salahsatu jenis usaha modal kecil untung besar di desa dengan menjual produknya ke kota.

  1. Mengelola Desa Wisata

jenis usaha modal kecil untung besar desa wisata

Disekitar kotamu ada desa atau daerah yang memiliki keunikan kamu bisa bekerja sama mengelola desa wisata. Contoh : Menjual potensi wisata alam seperti Wisata Gunung Api Purba Nglanggaran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Agar lebih terkelola dengan baik, kamu bisa membentuk Kelompok Sadar Wisata alias Pokdarwis. Pokdarwis inilah yang kemudian menangani berbagai kegiatan pengelolaan dan pengembangan wisata.

Ini adalah jenis kegiatan usaha moda kecil untung besar di desa yang bisa dilakukan saat kamu menemukan keunikan dan keindahan desa-desa yang ada didaerahmu.

  1. Air Minum Isi Ulang

jenis usaha modal kecil untung besar air minum isi ulang

Ingin sesuatu yang instan siap saji juga terjadi pada air minum. Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan membuka usaha air minum isi ulang bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan karena banyak peminatnya.

Saat kamu bisa menawarkan kekantor-kantor atau sekolah kamu bisa mendapatkan order rutin dengan sistem pesan antar.

Hal terpenting membuka usaha ini adalah pelayanan yang bagus, kualitas air yang terjaga kebersihannya, proses antar jemput yang cepat sehingga bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Baca ini juga:  5 Macam Bisnis Modal Kecil Tapi Menguntungkan Untuk Ojek Online

Jika ada modal lebih, sebagai promosi kamu bisa meminjamkan dispenser kepada kantor-kantor atau sekolah yang menjadi langgananmu.

  1. Jasa Potong Rambut

jenis usaha modal kecil untung besar jasa potong rambut babershop

Selama ada rambut dikepala, peluang usaha potong rambut selalu ada. Kamu perlu mempunyai keterampilan untuk memotong rambut. Kamu bisa belajar dari teman atau ikut kursus dari tempat-tempat terpercaya.

Tidak perlu modal besar dan tempat yang besar untuk memulai peluang usaha ini. Bisa digarasi, halaman depan rumah, dll.

Saat ini tarif rata-rata per orang Rp 10.000. jika sehari bisa memotong 10 orang, kamu mendapat Rp 100.000 per hari atau Rp 3.000.000 per bulan. Wow….besar juga potensi penghasilannya.

 

 

Untuk Bisa Mengembangkan Usaha, kamu perlu mempelajari 5 tips bisnis ini:

  1. Bijak mengelola uang

jenis usaha modal kecil untung besar mengelola uang cash flow

Dalam menjalankan peluang usaha modal kecil kamu perlu memiliki kemampuan mengelola uang yang harus dikuasai atau setidaknya terus dipelajari.

Ingat, dikit-dikit lama-lama menjadi bukit. Belajarlah membaca cash flow / aliran uang dari uang masuk sampai uang keluar.

Pisahkan uang pribadi dan uang untuk usaha. Pastikan strategi yang dipilih tidak membuat pasak jadi lebih besar daripada tiang.

  1. Fokus

jenis usaha modal kecil untung besar fokus

Mayoritas orang sukses selalu mengajarkan untuk Fokus akan apa yang kita lakukkan. Dalam menekuni bisnis yang dipilih, kita perlu mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut.

Bagi kamu yang karyawan, belajar untuk membagi waktu dan memisahkan urusan kantor dan bisnis, serta tak setengah hati dalam menjalani bisnis, menjalani usaha sebagai pekerjaan sambilan tetap bisa dilakukan.

  1. Tak berhenti berinovasi dan tahu tren

jenis usaha modal kecil untung besar mengikuti tren

Untuk terus mengikuti keperluan dan minat pasar, para pengusaha harus terus berinovasi. Sangat penting melakukan inovasi produk atau jasa agar pelanggan tak beralih ke yang lain.

Oleh sebab itu, mau tak mau, sebagai pengusaha kamu harus mengetahui tren yang ada. Sehingga perlu mengikuti metode ATM = Amati Tiru Modifikasi.

  1. Gigih dan menyukai apa yang dikerjakan

jenis usaha modal kecil untung besar gigih menyukai apa yang dilakukan

Ingat untuk tetap kegigihan dan tahan banting. Kamu bisa menemui penolakan dari orang-orang. Tetap semangat dan tidak menyerah.

Hal itu bisa kamu lakukan kalau menyukai apa yang kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu bisa total dan bekerja keras tanpa perasaan terpaksa. Berpikirlah menjadi pengusaha bukan hanya soal materi, tapi juga bentuk pencapaian yang layak diraih.

  1. Jangan larut dalam kegagalan

jenis usaha modal kecil untung besar jangan takut gagal

Dalam berbisnis, bukan hanya modal materi yang diperlukan, tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha. Salah satunya adalah tak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan.

Setiap pengusaha besar pasti telah melewati berbagai kesulitan dan memilih tidak menyerah. Ingatlah untuk move on

 


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!