5 Macam Bisnis Modal Kecil Tapi Menguntungkan Untuk Ojek Online

3 min read

bisnis modal kecil tapi menguntungkan

bisnis modal kecil tapi menguntungkan

Tahun 2015-2016 merupakan tahun keemasan ojek online. Banyak orang berbondong-bondong mendaftar jenis pekerjaan yang tergolong baru ini. Bahkan, ada juga orang yang rela berhenti dari pekerjaannya saat itu demi mendapatkan insentif dari kantor ojek online, yang saat itu tergolong fantastis.

Seiring waktu, sejalan kebijakan kantor ojek online, insentif makin turun dan cara mendapatkannya pun dibuat skema-skema yang dinilai tidak pro-driver. Ujung-ujungnya pendapatan ojek online turun drastis. Untuk mendapatkan penghasilan rata-rata, seorang ojek online harus bekerja full time, bisa lebih dari 8 jam sehari. Pekerjaan ini tidak lagi bisa dijadikan pekerjaan freelance dengan hasil besar.

Untuk itu ojek online, yang masih bekerja full time, membutuhkan bisnis samping untuk menambah pemasukan hariannya. Inilah 5 macam bisnis modal kecil tapi menguntungkan yang bisa dilakukan ojek online. Apa saja itu?

Jasa Perbaiki Software dan Hardware HP Android
Bagi ojek online, HP merupakan “senjata” yang bisa mendatangkan uang. Keberadaannya sangat vital. Tanpa HP, seorang ojek online takkan bisa mendapatkan orderan. Ya kan?

Intensitas penggunaan HP seorang ojek online yang tinggi, tentu akan membuat ketahanan HP-nya berkurang. Ini membuat HP jadi cepat rusak. Bisa rusak hardware-nya, bisa rusak software-nya. Disinilah, terbuka peluang bisnis ini.

Ojek online yang bisa memanfaatkan peluang ini tentu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak sedikit. Jika rutin mendapatkan “pasien”, ada kemungkinan penghasilan yang didapatkan melebihi penghasilan harian ojek online. Sehingga tidak perlu ngojek lagi. Besaran jasa perbaikan software dan hardware HP cukup lumayan.

Hal yang patut diingat adalah jasa ini membutuhkan keahlian. Alih-alih memperbaiki HP malah jadi merusak HP. Tidak mau kan kejadian seperti itu? Untuk itu, ojek online yang ingin menjadikan bisnis satu ini sebagai ladang uang mau tak mau wajib membekali diri dengan belajar terus. Tempat belajarnya banyak. Untuk yang gratisan, bisa mengacu sumber di internet, seperti di Youtube, XDA, teman, dll.

Baca ini juga:  5 Alasan Anda Harus Cari Usaha Sampingan Selain Bekerja di Kantor

Blogger dan Youtuber

Sudah lama diketahui, jika para blogger dan youtuber bisa mendulang uang dari aktivitasnya. Siapapun bisa melakukannya, termasuk ojek online. Hal ini yang mendasari bahwa bisnis modal kecil tapi menguntungkan ini cocok buat ojek online. Modalnya tidak banyak. Hanya HP, kuota internet, dan motor. Semuanya dipakai sehari-hari.

Tentu saja, ojek online yang ingin terjun di bisnis ini dituntut kreatif, aktual, dan tekun. Tapi ini harusnya tak menjadi soal, karena ojek online sehari-harinya berkeliaran keliling kota. Sehingga aktualitas topik seharusnya tak menjadi persoalan lagi. Tinggal berkreasi dan bertekun terus-menerus. Topik yang bisa dihasilkan pun banyak, misalnya: food, HP, “jalur tikus”, motor, hingga tentang perkembangan dunia ojol itu sendiri.

Beberapa waktu lalu, ada video yang sempat viral, dimana seorang ojek online dimaki-maki customernya gara-gara minta dibuatkan kopi. Padahal permintaan itu, konon, hanya guyonan belaka dari sang ojek online. Itu salah satu contoh video viral yang bisa dimasukkan di Youtube.

Berbeda dengan bisnis sampingan ojek online lainnya, bisnis blog dan youtube membutuhkan waktu dalam “membangunnya”. Tidak bisa dipatok kapan modal akan kembali. Intinya postingan atau video yang dibuat harus menghasilkan trafik yang tinggi dan subscriber yang banyak. Kalau sudah jadi, penghasilannya bisa lebih tinggi daripada ngojek. Malah bisa pensiun dini dari dunia perojekan.

Jual-beli HP Second

Jual-beli HP second juga merupakan bisnis kecil yang bisa dilakukan ojek online sambil ngojek. Seperti disebutkan sebelumnya, HP merupakan “senjata andalan” ojek online. Tentu saja sedikit-banyak, para ojek online paham dengan HP. Bekal ini bisa dijadikan patokan untuk memulai jual-beli HP second.


Pasar HP second sangat luas. Tidak terbatas pada kalangan ojek online saja, tapi juga termasuk semua kalangan. Karena HP sudah menjadi barang tersier yang sudah menjadi gaya hidup masa kini. Tak ada HP, tak trendi rasanya. Atau tak ada HP, bisa mati gaya.

Baca ini juga:  Ide Usaha yang Menjanjikan untuk Masa Depan

Sama seperti bisnis lainnya, ojek online yang ingin terjun ke bisnis jual-beli HP second wajib membekali diri dengan pengetahuan dasar tentang HP. Setidaknya tahu ciri-ciri HP yang murah tapi bagus dan cara menjual kembali HP yang sudah dibeli. Modal yang diperlukan untuk jualan HP second pun tidak banyak. Sekitar 1-2 jutaan.

Membuka Jasa Bengkel

Jasa bengkel murah juga salah satu bisnis modal kecil tapi menguntungkan yang bisa dilakukan ojek online. Kenapa? Sama seperti HP, intensitas penggunaan motor bagi ojek online juga sangat tinggi. Sehingga motor butuh perawatan setiap bulannya. Jika tidak dirawat, siap-siap motor rusak. Dasar itu bisa dijadikan oleh ojek online untuk membuka jasa bengkel dengan harga bersahabat.

Bisnis bengkel ini membutuhkan keahlian, dan tidak boleh main-main. Jadi, sebaiknya ojek online yang punya latar belakang otomotif atau minat khusus kesini yang terjun ke bisnis jasa ini.

Ojek online yang membuka bisnis ini tidak perlu membuka lapak. Semua bisa dilakukan di rumah dan dibuka seminggu sekali. Atau jika banyak 菟asien” juga bisa setiap hari. Pemasaran cukup dilakukan lewat mulut, antar-teman sesama ojek online. Soal harga, tentunya, tidak harus mahal. Yang penting bisa dijadikan pemasukan tambahan harian.

Warung Online

Konsep awalnya ojek online mengantarkan konsumen (seseorang) dari satu tujuan ke tujuan lain. Konsep nyatanya tersebut berkembang, terutama konsep warung online. Karena order dari sini mendapatkan poin lebih banyak, sehingga banyak diminati ojek online.

Pertanyaannya, kenapa ojek online tidak ikutan membuka warung online juga? Tentunya, ojek online yang bekerja full time tidak bisa melakukannya sendiri. Butuh partner kerja dalam melakukannya. Bisa istri sendiri, adik, kakak, saudara, atau karyawan. Tujuannya supaya waktu ngojeknya tidak terganggu.

Baca ini juga:  Peluang usaha Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Bisnis warung online tidak membutuhkan modal banyak. Buat saja warung dirumah. Sehingga tidak perlu membayar uang sewa. Soal makanan bisa dibuat sendiri juga, berbekal video tutorial dari internet. Selain menambah pendapatan, jika ojek online membuka warung online sendiri bisa ditongkrongi” sendiri. Jadi ibarat kata menembak dua burung dengan satu peluru. Poin dapat, warung pun laris. Jika sudah laris, mungkin pekerjaan sebagai ojek online bisa dijadikan tambahan saja.

Broker

Ojek online juga dapat mencari peluang bisnis kecil tapi menguntungkan dengan ngobrol sama penumpang. Tentu saja tidak hanya sekedar ngobrol, tapi lebih bertujuan untuk jualan – barang maupun jasa.

Bisnis ini bisa dikatakan nyaris tanpa modal. Hanya modal kepiawaian bercakap-cakap. Namanya juga broker. Selain itu, jaringan yang luas dan kepercayaan juga turut berperan penting dalam kesuksesan bisnis broker. Pasalnya, ojek online yang menjalankan bisnis ini tidak memiliki barang atau jasa sendiri. Dia hanya sekadar jualan mencari konsumen. Jika jodoh, bisa saja peluang akan terkonversi menjadi pendapatan. Ya kan?


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!