7 Usaha Kecil-kecilan yang Menguntungkan

3 min read

usaha kecil2an tapi menguntungkan

usaha kecil2an tapi menguntungkan

Memiliki ijazah S1 saja terkadang tidak cukup menjamin Anda mendapatkan pekerjaan. Banyak yang memilih menjadi seorang pengusaha muda atau terjun di dunia bisnis. Modal seringkali menjadi kendala seseorang untuk memulai suatu bisnis atau usaha. Padahal, untuk memulai suatu usaha anda bisa berangkat dari hal-hal yang kecil. Berikut 7 usaha kecil-kecilan namun menguntungkan yang bisa anda jadikan inspirasi :

  1. Konter Pulsa dan Jasa Pembayaran Tagihan Online

Konter pulsa dan jasa pembayaran tagihan online bisa menjadi ide usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. Anda hanya perlu  memanfaatkan telepon pintar yang anda miliki untuk melakukan transaksi jual-beli pulsa hingga pembayaran tagihan PLN, PDAM,internet, angsuran, dll. Anda juga bisa menggunakan laptop atau komputer beserta printer untuk mencetak bukti transaksi pembayaran.

Selain membayar langsung melalui situs resmi, Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi pembayaran online sebagai media penjualan anda. Anda juga bisa bekerja sama dengan penyedia jasa pembayaran all-in-one yang berbasis pada kartu seluler. Hal ini bisa membantu anda dalam pembukuan keuangan anda.

Anda cukup mencetak banner di depan rumah anda berisi informasi jasa yang anda sediakan. Keberadaan jasa yang anda buka ini akan memudahkan tetangga anda melakukan pembayaran tagihan bulanan mereka. Meskipun keuntungan setiap transaksinya tidak terlalu besar. Bila anda berhasil menjaring banyak konsumen di sekitar tempat tinggal anda, angka keuntungan bisnis ini cukup lumayan untuk menambah pemasukan harian anda.

  1. Jasa Titip barang

Jika anda seorang yang suka berjalan-jalan atau sering melakukan perjalanan keluar kota, anda bisa membuka jasa penitipan barang atau oleh-oleh dari daerah tertentu. Di Kota yang sering anda kunjungi, anda bisa menjalin relasi dengan pemasok barang yang anda jual. Anda juga bisa memberi berbagai pilihan barang yang anda tawarkan untuk orang lain.  Anda bisa mulai dari teman-teman anda, lalu bisa juga memanfaatkan media sosial anda sebagai sarana promosi.

Baca ini juga:  8 Peluang Usaha yang wajib anda Coba

Usaha titip barang ini cukup menguntungkan. Keuntungannya bisa anda manfaatkan untuk mengganti ongkos perjalanan anda. Oleh-oleh, cinderamata, makanan lokal bisa menjadi alternatif barang yang anda tawarkan. Akan semakin menarik bila anda menyediakan beragam jenis dan merk.

  1. Bisnis souvenir pernikahan

Bisnis di bidang jasa pernikahan saat ini menjamur di berbagai tempat. Souvenir pernikahan adalah salah satu jenis barang yang selalu dicari. Umumnya, bukan barang-barang dengan harga mahal yang dipakai untuk kebutuhan souvenir ini. Anda bisa memulai bisnis ini dengan memanfaatkan momentum pernikahan teman-teman anda. Tawarkan padanya item-item seperti apa yang bisa anda sediakan. Jangan lupa sediakan contoh untuk sebuah kartu ucapan terima kasih yang sederhana.

Saat ini banyak tempat menyediakan barang-barang lucu dan unik seperti sendok kayu, dompet kain, tas jinjing, hingga telenan kayu. Anda cukup membeli barang-barang yang sesuai dengan keinginan calon pengantin baik jenis dan kuantitasnya. Untuk menulis nama pengantin atau kebutuhan cetak lainnya, anda bisa memanfaatkan jasa cetak sablon manual ataupun dengan mencetak stiker.

Bisnis ini menjanjikan keuntungan 500-1000 rupiah per itemnya. Bayangkan saja bila ada menerima pesanan lebih dari 1000 item, anda bisa membayangkan keuntungan yang bisa anda dapatkan.

  1. Jasa potong rambut

Jasa potong rambut adalah  salah satu jenis usaha kecil-kecilan namun menguntungkan. Banyak orang membutuhkan keberadaan pencukur rambut yang bisa diandalkan bagi penampilan mereka. Jika anda pernah mengikuti kursus potong rambut, atau sudah terbiasa memotong rambut orang lain,  bidang ini bisa jadi pilihan anda.

Anda hanya perlu menyediakan ruangan yang nyaman dan terang, kursi yang nyaman, dan kaca besar.  Tempat yang teduh dan sejuk cocok untuk lokasi potong rambut. Anda bisa memanfaatkan sementara kamar mandi anda untuk lokasi keramas pasien Anda.

Baca ini juga:  Tips Sukses Cara Bikin Usaha Rumahan

Hanya bermodal gunting rambut, sisir, hair dryer, dan kaca, anda sudah bisa memulai usaha kecil-kecilan ini. Anda bisa membuka salon kecil anda di sela-sela kesibukan anda.

  1. Warung Kelontong

Warung kelontong adalah usaha yang selalu dicari. Jika di wilayah sekitar tempat tinggal ada masih minim lokasi warung kelontong, ini bisa menjadi peluang Anda. Orang cenderung akan lebih suka mencari kemudahan ketika ia membutuhkan sesuatu. Usaha warung kelontong adalah alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan berbagai kebutuhan rumah tangga.

Anda bisa memanfaatkan garasi rumah anda sebagai lokasi usaha. Carilah lokasi-lokasi kulakan yang memiliki harga yang terjangkau, sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan dari barang yang anda jual. Perbanyak pula pilihan barang yang anda jual. Semakin lengkap barang yang anda sediakan, pembeli akan semakin banyak pilihan untuk datang ke warung anda.

  1. Pencucian Motor

Banyaknya kendaraan bermotor di Indonesia secara tidak langsung bisa memunculkan berbagai jasa usaha lainnya. Jasa pencucian motor adalah salah satu bentuk usaha yang tidak akan surut pasien. Orang cenderung akan mencari jasa pencucian motor dibanding mencuci motornya sendiri.

Jika anda mencari usaha kecil-kecilan namun menguntungkan, jasa pencucian motor bisa menjadi jawabannya. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah anda sebagai lokasi usaha. Tidak perlu mewah, anda bisa mulai dari tenda terpal sebagai atap ruang usaha anda. Bila lokasi tempat tinggal anda memiliki sumber air atau sumur, ini menjadi keuntungan lebih untuk anda.

Modal barang dan bahan yang anda butuhkan juga tidaklah mahal. Anda cukup menyediakan pompa air, selang, sabun cuci motor, beberapa lap, serta kompresor untuk mengeringkan. Jika ingin hasil lebih, anda bisa menawarkan tambahan semir ban, polesan lilin untuk bodi motor, hingga lapisan silikon. Anda juga bisa menyediakan berbagai jajanan berupa snack dan minuman untuk konsumen anda.

  1. Dropshiper
Baca ini juga:  Aneka Bisnis Rumahan Kerajinan Tangan Tanpa Keahlian

Bisnis dropshiper bisa dikatakan bisnis yang tanpa modal. Secara teknis anda menjadi menjual suatu barang atau produk tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Berbeda dengan sistem reseller dimana anda harus membeli barang sebelum anda menjualnya lagi.

Sebagai dropshiper anda cukup bermodalkan handphone dan kuota internet untuk menjalankan usaha ini. Anda bisa menjalin kerjasama dengan supliyer-supliyer barang yang hendak anda jual, mengambil contoh-contoh foto barang, dan menjual kembali di toko online atau media sosial anda. Sebagai dropshiper, anda hanya perlu mengiklankan produk yang anda jual, sementara untuk pengiriman barang menjadi tanggungan supliyer. Nama pengirim barang juga dapat diubah menjadi nama anda atau toko online anda. Selisih harga dengan supliyer menjadi keuntungan untuk anda.

Dropshiper adalah salah satu usaha kecil-kecilan namun menguntungkan yang bisa anda kerjakan dimanapun. Selama anda memiliki koneksi internet untuk mengerjakan transaksi anda, anda bisa berjualan dengan mudah. Meskipun tidak menghasilkan angka keuntungan yang besar, namun anda tidak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli barang yang anda jual.

Itu tadi 7 usaha kecil-kecilan namun menguntungkan yang bisa anda jadikan inspirasi. Jangan sampai modal kecil menghalangi anda memulai suatu usaha.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!