Bisnis Sampingan Karyawan

4 min read

bisnis sampingan karyawan

bisnis sampingan karyawan

Bisnis sampingan karyawan—Menjadi karyawan adalah pilihan yang aman. Kenapa demikian? sebab kita akan mendapatkan gaji bulanan tanpa harus memikirkan untung rugi perusahaan karena itu adalah hal yang menjadi fokus pikiran owner-nya, bukan kita selaku staf-nya. Ya, pada tanggal sekian setiap bulannya kita akan mendapatkan gaji yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, apa jadinya jika ternyata pendapatan itu tidak cukup mengatasi semua kebutuhan rumah tangga? Dan bagaimana jadinya jika ternyata kita jenuh dengan pekerjaan yang digeluti setiap harinya?.

Bisnis sampingan karyawan modal kecil akan sangat membantu. Menjadi karyawan tidak berarti kita harus pasrah pada pendapatan bulanan yang mau tidak mau harus meng-cover semua kebutuhan bulanan dari tanggal muda hingga habis bulannya. Nah, agar tidak sampai mengalami masa-masa sulit, boleh nih Sob coba 8 ide bisnis sampingan karyawan modal kecil berikut ini yang pastinya mudah dicoba dan hasilnya pun nggak tanggung-tanggung. Yang jelas, aktivitas Sobat di kantor nggak bakalan terganggu. Dengan modal tidak lebih dari 10 juta rupiah saja, Sobat bisa memulai usaha sampingan dengan profit yang besar.  Apa saja? Cek Yuk, Guys!

 

 

    Jasa Laundry

bisnis sampingan karyawan jasa laundry

Saat ini memang sudah jamannya serba praktis. Apapun ingin yang praktis-praktis dan cepat selesai. Salah satunya adalah untuk urusan cuci-mencuci. Ya, bisnis modal kecil keuntungan selangit salah satunya adalah dengan membuka jasa laundry. Cukup dengan modal 8 hingga 10 juta saja, Anda bisa membuka jasa laundry dengan mesin cuci satu tabung dan perangkat pendukung lain yang harus disiapkan, seperti setrika, plastic, almari, detergen, dsb.

 

Membuka bisnis laundry, hal penting yang harus Anda pertimbangkan adalah strategis atau tidaknya lokasi yang Anda pilih. Pangsa pasar terbesar untuk jasa laundry ini adalah para mahasiswa. Carilah lokasi strategis di sekitar kampus dan tawarkan promo-promo menarik untuk jasa laundry Anda.

 

    Bisnis Pulsa Elektrik

bisnis sampingan karyawan jual kuota elektrik

Ini adalah bisnis yang cukup mudah dilakukan. Yup, cukup dengan menambah saldo pulsa dan Anda siap mendistribusikannya ke customer. Ini dikarenakan pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat mulai dari siswa SD sampai lansia. Setiap tahunnya, pengguna telepon seluler semakin bertambah. Bahkan, disebut-sebut seorang pebisnis pulsa mencapai omset 20 triliunan setahun.

Baca ini juga:  5 Macam Bisnis Modal Kecil Tapi Menguntungkan Untuk Ojek Online

 

Pilih pulsa elektrik sebab jenis pulsa ini tidak perlu tempat khusus. Anda bisa mengoperasikannya melalui telepon seluler masing-masing.

 

Besar modal yang Anda siapkan sekitar 1 sampai dengan 3 juta rupiah saja. Cukup terjangkau, bukan? Pangsa pasarnya bisa saja mereka yang saat ini ada di kanan kiri Anda, baik itu teman kantor, maupun tetangga rumah Anda. Mau bisnis pulsa Anda tampak lebih serius lagi? ide bagus nih membuka outlet pulsa di rumah dan meminta keluarga untuk menunggunya. Atau, bisa juga cari tempat yang strategis dan mulailah berjualan pulsa dengan menggaji seorang karyawan.

 

    Menjual Makanan Sarapan

bisnis sampingan karyawan menjual makanan sarapan pagi

Mayoritas mereka yang sibuk bekerja, apalagi harus berangkat sangat pagi, tidak sempat memasak sendiri. Ini adalah peluang besar bagi Anda para karyawan yang kebetulan berangkat ke kantor pukul 8an atau yang agak siang. Anda bisa siapkan satu jenis makanan atau beberapa jenis makanan sekaligus yang digemari oleh masyarakat setempat untuk sarapan, mulai dari nasi pecel, sayur lodeh, nasi uduk, nasi bali, dan sebagainya.

 

Siapkan meja di depan rumah, dan pasang papan pengumuman “Disini jual sarapan”. Selama Anda konsisten menjualnya, lambat laun bisnis sarapan Anda akan semakin populer dan tidak menutup kemungkinan untuk membuka cabang bisnis kuliner yang lain. Atau, Anda bisa membawa makanan tersebut ke kantor untuk dijual kepada teman-teman sepekerjaan.

 

    Jual Foto di Internet

bisnis sampingan karyawan menjual photo secara online

Anda yang hobby fotografi, ide bagus nih menjual foto di internet. Laku? Tentu dong!. Cari situs penjualan foto di internet terpercaya dan populer yang menawarkan komisi mulai dari 15% hingga 30 %. Untuk proses pembayarannya biasanya menggunakan akun PayPal, untuk itu siapkan akun PayPal juga ya. Modal yang digunakan nyaris tanpa modal. Anda cukup menyiapkan kamera digital miliki pribadi selaku pecinta fotografi, dan siapkan pula koneksi internet untuk mengirim foto. Saat sedang luang seperti weekend yang membebaskan Anda dari status karyawan, Sobat bisa leluasa mengambil gambar saat traveling dan meng-upload-nya di situs internet yang menerima foto tersebut. Ini adalah bisnis sampingan yang menyenangkan sebab bisnis ini tidak lain menyalurkan bakat dan minat Anda dalam dunia fotografi untuk mendapatkan profit.

Baca ini juga:  Bosan Ditolak Kerja? Mending Coba 4 Bisnis Franchise Modal Kecil Ini

 

    Membuka Jasa Pembuatan Blog

bisnis sampingan karyawan menjual jasa membangun blog

Saat ini, eksistensi dunia digital semakin kuat dan luas. Salah satu bisnis sampingan yang patut dicoba adalah membuat blog. Anda yang kebetulan adalah seorang karyawan yang memiliki keahlian dalam bidang blogging, cocok banget nih membuka jasa bisnis sampingan sebagai blogger. Blog saat ini sangat tinggi peminatnya. Blog dimanfaatkan untuk bisnis pribadi seperti posting tulisan, menjual produk, profil perusahaan, dsb.


 

Memulai bisnis sampingan yang satu ini nyaris tanpa modal. Berbekal komputer dan laptop, serta koneksi internet, Anda bisa memenuhi permintaan klien dengan kemampuan Anda dalam membuat blog. Tergantung apakah klien ingin dibuatkan blog yang dengan atau tanpa biaya. Promosikan jasa Anda secara online untuk mendapatkan klien dengan mudah. Adapun tarif yang bisa Anda pasang beragam sesuai permintaan klien. Ada yang satu blog-nya 1 juta atau bahkan lebih tergantung dari fitur yang Anda sediakan.

 

    Menjadi blogger sejati

bisnis sampingan karyawan menjadi blogger

Butuh kesabaran tersendiri memang saat memutuskan untuk menjadi blogger. Namun, saat sudah menikmati serunya nge-blog dan mendapatkan hasilnya, Anda akan lebih tertarik menjalani profesi seru yang satu ini daripada menjadi karyawan yang harus berangkat pagi dan pulang malam hari.

 

Caranya? Membuat blog baik itu blog gratis maupun blog berbayar, sesuai selera. Blog berbayar biasanya Anda perlu mengeluarkan modal sebanyak 1juta setahun untuk membeli hosting dan domainnya. Anda bisa menulis atau melakukan apapun di blog Anda sesuai dengan minat masing-masing. Misalkan Anda kebetulan hobby traveling, Anda bisa membeli domain lalu mengupload foto-foto travelin Anda dan menuliskan pengalaman selama travelling secara detail.

 

Users yang hobby travelling dan tertarik dengan tulisan Anda akan mengunjungi domain tersebut. Semakin banyak konten berkualitas yang Anda posting, semakin tinggi potensi domain Anda untuk dilirik Google. Kuncinya adalah, pilih topic yang Anda sukai, buat konten yang menarik dan konsisten posting-nya. Anda bisa mencari informasi bagaimana cara membuat blog mulai dari nol hingga menghasilkan uang.

 

    Membuka Toko Online

bisnis sampingan karyawan membuka toko online

Lucky seseorang di bidang apa tidak ada yang tau, betul kan? Kecuali kalau sudah dicoba. Banyak lho karyawan perusahaan negeri maupun swasta yang awalnya maju mundur dalam memulai bisnisnya, ternyata sukses meraup keuntungan yang luar biasa di bidang bisnis. Salah satu bisnis yang menjanjikan adalah bisnis toko online yang menjual produk baju, aksesoris, sepatu dan sebagainya.

Baca ini juga:  Bisnis Menjanjikan Era Millenial

 

Membuka toko online adalah bisnis sampingan yang direkomendasikan. Anda tidak butuh banyak modal. Cukup dengan menyiapkan seperangkat komputer atau hp, dengan kuota yang cukup, lalu meng-upload produk disertai dengan deskripsinya. Keuntungan membuka toko online ini cukup banyak. Diantaranya adalah Anda tidak harus menyiapkan toko offline yang sudah pasti harganya sangat mahal. Anda tidak harus menyediakan barang ready yang pastinya modalnya pun tidak sedikit, dan lebih mudah menjangkau pelanggan untuk area yang sangat luas, tidak hanya tetangga di kanan dan kiri saja, tetapi menjangkau hingga ke luar negeri.

 

Membuka toko online bisa Anda lakukan dengan menjual produk homemade, menjadi reseller atau dengan menjadi dropshipper. Anda bisa memanfaatkan marketplace yang ada untuk berjualan, atau dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Membuka toko online sangat minim modal dan risiko ruginya pun sangat kecil.

 

    Membuka Bimbingan Belajar

bisnis sampingan karyawan membuka bimbingan belajar bimbel

Jasa bimbingan belajar adalah salah satu jasa yang sangat diminati. Orang tua selain mempercayakan pendidikan anaknya pada sekolah umum, pun mencari bimbingan belajar baik itu rumahan maupun bimbingan belajar yang sudah besar. Saat ini, anak-anak ada kecenderungan untuk lebih suka bermain, dan untuk mengalihkan itu salah satunya adalah dengan memasukkan mereka ke bimbingan belajar agar bersedia belajar. Ini adalah kesempatan bagi Anda yang ingin membuka bisnis sampingan karyawan. Anda bisa meng-handle-nya sendiri untuk kuota anak yang terbatas dan di luar jam kantor, atau dengan menyewa tutor agar bisnis tersebut semakin berkembang. Bisa di lakukan di rumah atau kediaman masing-masing, atau Anda bisa membuka bimbingan belajar di lokasi baru yang strategis dan menggaji beberapa tutor berpengalaman.

 

Ada banyak cara menuju Roma, ada banyak alternative agar pemasukan tidak stagnan. Yuk, mulai bisnis sampingan karyawan di atas sekarang juga dan nikmati sisi bebas dalam keseharian Anda.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!