Ini Dia 4 Keuntungan Buka Usaha Sendiri di Rumah

Buka Usaha Sendiri di Rumah

Buka Usaha Sendiri di Rumah memang salah satu bentuk upaya dalam merintis usaha yang paling cocok bagi para ibu ibu rumah tangga. Hal ini memang benar, namun buka usaha sendiri di rumah bisa berlaku dan cocok bagi siapapun di muka bumi ini, bahkan para kaum Adam hingga mahasiswa. Contoh saja Steve Jobs yang sukses mendirikan Apple dengan merintisnya dari garasi rumahnya.

4 Keuntungan Buka Usaha Sendiri di Rumah.

  1. Waktu yang fleksibel

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bisnis di rumah adalah bisnis yang paling fleksibel dalam hal waktu. Pagi pagi benar saat sebelum berangkat ke kantor, anda sudah mulai bisa mencicil mengerjakan bisnis rumahan anda. Setelah pulang kantor anda juga bisa langsung melanjutkan pekerjaan anda terkait bisnis anda. Hal ini  bisa jadi sangat positif, karena anda tidak akan membuang buang waktu pulang kerja anda hanya untuk nongkrong tidak jelas, dan bergosip bersama teman teman kantor sampai larut malam. Hal positif lainnya adalah anda bisa menjadi orang yang benar benar disiplin dan sangat menghargai waktu. Kuncinya agar bisa sukses adalah manajemen waktu.

  1. Proses pengawasan menjadi lebih mudah

Jika bisnis rumahan anda ternyata semakin berkembang besar, maka pastinya anda akan membutuhkan karyawan dan mempersiapkan tata kelola usaha yang lebih baik. Semakin besar usahanya maka semakin besar pula tantangan dan juga resikonya. Pengawasan adalah hal wajib untuk dilakukan bagi semua pemilik usaha baru. Hal hal yang perlu diawasi adalah kualitas produk, proses produksi, penyimpanan, pengiriman, dan termasuk dalam hal keuangan. Keuntungan bisnis rumahan adalah anda dapat mengawasi karyawan atau bisnis anda kapan pun anda mau, bisa pagi hari sebelum ke kantor, atau sore hari setelah pulang kantor, bahkan di malam hari sekalipun.

  1. Modal cenderung lebih kecil

Sekecil apa pun usahanya pastinya membutuhkan tempat usaha. Tempat itu bisa digunakan untuk proses produksi, penyimpanan, kantor, dan lain sebagainya. Kita tahu bahwa saat ini untuk menyewa tempat usaha membutuhkan biaya yang sangat besar. Belum lagi adanya resiko bahwa bisnis belum tentu berhasil berjalan, dan modal yang masih minim. Tentunya kedua resiko tadi dapat dipangkas jika tempat usahanya adalah di rumah sendiri. Hal yang akan mengalami peningkatan mungkin adalah peningkatan biaya listrik, air, dan telepon, namun semua itu akan dapat teratasi dengan lebih mudah jika anda mampu mengatur pemakaiannya dan keuangan secara efisien.

  1. Keluarga tidak terbengkalai
Baca ini juga:  Inspirasi Usaha Rumahan Yang Bisa Kamu Mulai Di Waktu Luang

Sukses Buka Usaha Sendiri di Rumah tidak akan ada artinya jika keluarga anda kacau balau. Khususnya bagi para ibu rumah tangga yang masih harus mengurus anak, dan suami, serta keperluan rumah tangga lainnya. Anda tidak perlu kuatir hal ini akan terjadi jika anda membuka usaha di rumah sendiri. Justru hal ini akan semakin positif, karena anda bisa sekaligus menanamkan dan mendidik anak anda untuk mempunyai jiwa kewirausahaan. Selain itu hubungan keluarga akan menjadi semakin erat karena secara otomatis keluarga akan saling bekerja sama demi membuat bisnis semakin maju. Tantangannya adalah di saat bisnis semakin besar, dan disitulah berpotensi terjadi perpecahan, serta saling berebut. Oleh karena itu penyampaian serta kejelasan, dan transparansi anggota keluarga sangat dibutuhkan untuk menghindari hal hal tersebut.

Setelah tahu beberapa keuntungan berbisnis di rumah sendiri, kini saatnya anda bisa memulai menentukan bisnis apa yang ingin anda jalankan. Bisnis yang sukses awalnya dimulai hanya dari sebuah ide. Berikut ini adalah beberapa ide ide Buka Usaha Sendiri di Rumah yang mungkin bisa memicu anda untuk mencetuskan ide bisnis menarik yang lain.


4 Ide Buka Usaha Sendiri di Rumah

  1. Bisnis pulsa

Pulsa elektrik adalah peluang usaha yang sampai saat ini masih menggiurkan. Hal ini dikarenakan teknologi yang semakin maju sehingga hampir semua orang pada saat ini menggunakan handphone. Penggunaan telepon rumah sudah sangat jauh berkurang. Walaupun saat ini sudah banyak kemudahan pembelian pulsa elektrik lewat aplikasi online banking, uang elektronik, dan sejenisnya, namun peluang pulsa elektrik masih bagus. Hal ini dikarenakan pembelian pulsa di konter pulsa rumahan adalah pembeliannya bisa dibeli dengan nominal yang paling kecil. Ada beberapa provider yang bisa dibeli mulai hanya dengan harga 5.000, dan hal itu hanya bisa dilakukan di konter pulsa elektrik rumahan.

  1. Jual makanan dan minuman
Baca ini juga:  3 Jenis Usaha Sampingan Terbukti Menjanjikan yang Patut Anda Coba

Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok bagi semua orang di muka bumi ini. Memang jumlah penjual makanan sudah sangat banyak, namun anda tidak perlu berkecil hati karena kebutuhan akan makanan semakin meningkat. Kebutuhan makanan semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk di Indonesia yang masih bertambah. Hal ini juga didukung dengan semakin padatnya aktivitas masyarakat perkotaan yang sudah tidak terlalu sempat memasak, dan mengandalkan makanan yang dihidangkan oleh para penjual makanan. Bisnis makanan dan minuman menjadi semakin booming dengan adanya aplikasi online pesan antar makanan. Bergabung dengan aplikasi ini akan membuat anda lebih mudah memasarkan bisnis, dan memperkenalkan produk andalan anda. Apa lagi jika anda jago membuat postingan yang viral mengenai makanan, maka usaha makanan dan minuman di rumahan pun bisa jadi cepat laris.

  1. Les privat

Les privat di rumah adalah jasa yang masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Anda tidak harus bisa mengajar untuk melakukan hal ini, karena anda bisa menggaet guru bayaran yang bisa mengajar murid murid anda dengan upah per jam. Anda hanya butuh teknik pemasaran yang tepat, pengaturan jadwal, dan keuangan yang tepat, serta mencari guru guru yang benar benar handal. Jam kerja yang semakin sibuk membuat orang tua sudah tidak sempat dan tidak sabar lagi untuk mengajar anaknya sendiri. Les privat ini pun tidak melulu harus les untuk anak sekolah, karena anda bisa membuka les les bahasa bagi para TKI. Beberapa bahasa favorit para TKI adalah bahasa Inggris, Mandarin, dan Arab. Beberapa jenis les privat bahasa asing yang tidak terlalu populer namun cukup banyak peminat adalah bahasa Jerman, Perancis, Korea, dan Jepang. Ketiga negara ini cukup terkenal bagi anak anak Indonesia untuk melakukan studi lanjut.

  1. Jasa Laundry
Baca ini juga:  5 Inspirasi Bisnis Rumahan Untuk Siapa Saja

Selanjutnya adalah jasa laundry. Waktu kerja yang semakin padat membuat masyarakat enggan mencuci baju sendiri. Pembantu bisa menjadi solusi atas hal tersebut namun hal itu hanya dapat dilakukan oleh para kaum berdompet tebal. Jasa laundry kini menjadi salah satu jasa paling dicari untuk menyelesaikan problem pakaian kotor, karena praktis dan terjangkau.

Itulah beberapa ide ide untuk Buka Usaha Sendiri di Rumah yang cukup menarik. Tentunya ide bisnis tidak sebatas pada ide ide tadi, jadi selamat mencari inspirasi, dan mulai melangkah.


Sudah Baca Artikel ini?

Iklan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.