Berbisnis Dengan Modal Kecil

4 min read

cara berbisnis dengan modal kecil

cara berbisnis dengan modal kecil

Memulai sebuah bisnis dengan modal yang kecil dan dapat berkembang sukses tentu menjadi dambaan setiap orang. Untuk memulai suatu usaha tidak harus diperlukan modal usaha yang besar karena dengan modal yang sedikit saja bisa menciptakan usaha yang nantinya dapat maju. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara berbisnis dengan modal kecil.

7 Cara Berbisnis dengan Modal Kecil

Menentukan Ide Usaha

Hal yang pertama dalam memulai sebuah bisnis adalah menentukan ide usaha. Untuk modal yang minim atau kecil menentukan ide usaha memang harus disesuaikan dengan keinginan dan juga kemampuan khususnya di bidang keuangan. Namun meskipun hanya memiliki modal yang kecil ide usaha tetaplah sangat banyak. Banyak usaha yang bisa dikerjakan dan dibangun dengan modal yang kecil contohnya usaha rumahan, membuka warung kopi, membuka jasa catering, bengkel dan lain-lain. Tentu memulai bisnis dengan modal yang kecil hanya sebagai langkah awal untuk memulai sebuah bisnis.

Cara berbisnis dengan modal kecil memanglah harus disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan. Pilih ide usaha yang sekiranya cocok dan sekiranya paling dikuasai contoh jika suka memasak maka pilih ide usaha seperti membuka warung makan, catering dan jika suka menciptakan sesuatu maka mulai dengan bisnis rumahan membuat berbagai macam kerajinan dengan barang bekas atau sebagainya. Intinya adalah pilihlah ide usaha yang sesuai dengan kemampuan dan juga disesuaikan dengan modal yang minim.

Menentukan Tujuan, Visi dan Misi Usaha

Cara berbisnis dengan modal kecil selanjutnya adalah dengan menentukan apa tujuan, visi dan misi dari bisnis yang akan atau sedang dijalankan. Cara ini tidak hanya berlaku untuk memulai usaha dengan bisnis kecil saja namun juga untuk semuanya. Untuk bisnis dengan modal kecil mulai pikirkan apa tujuan dari bisnis tersebut sangat disarankan jika tujuan tersebut tidak terlalu muluk-muluk. Pikirkan tujuan, visi dan misi yang sederhana terlebih dahulu nanti jika semua tujuan itu telah tercapai baru mulai untuk memikirkan dan membuat tujuan, visi serta misi yang lebih tinggi.

Baca ini juga:  Maksimalkan Keuntungan dengan 5 Ide Cari Uang Sampingan Bagi Karyawan

Melakukan Survei Mengenai Persaingan Yang Ada

Mengapa hal ini sangat diperlukan? Karena memang persaingan itu akan selalu ada jadi setiap orang yang ingin memulai bisnis harus melakukan survei terhadap para pesaingnya. Khusus untuk memulai usaha dengan modal kecil langkah untuk melakukan survei persaingan haruslah dilakukan dengan sangat teliti. Hal ini bertujuan agar benar-benar menemukan informasi serta menilai seberapa besar peluang usaha bisa berjalan dengan lancar. Dengan menggali berbagai informasi tentang bagaimana bisnis bisa berjalan lancar hingga harga yang ditawarkan dari para pesaing dapat menjadi pelajaran yang baik.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa usaha dengan modal yang kecil akan kalah dengan usaha modal besar. Nampaknya hal itu salah besar karena usaha dikatakan maju, berhasil atau tidaknya bukan dilihat dari modal namun dari proses serta hasilnya. Persaingan antara para pebisnis akan terus terjadi maka dari itu terus melakukan survei dan belajar dari para pesaing merupakan langkah yang harus dilakukan.

Mulai Membangun Tempat

Jika ketiga hal diatas sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah dengan mulai membangun tempat usaha. Bagi modal kecil untuk membangun tempat usaha yang paling murah meriah adalah di rumah. Dengan memulai bisnis dirumah maka tidak diperlukan biaya sewa, pembangunan dan semacamnya yang dibutuhkan hanyalah menata dekorasi rumah agar nampak seperti tempat usaha. Tentu hal ini sangat menguntungkan terutama bagi bisnis dengan modal kecil karena akan memotong budget modal yang lebih sedikit. Memulai bisnis dirumah sebenarnya tidak hanya berlaku untuk pebisnis modal kecil saja namun juga untuk semua orang yang ingin menjalankan bisnis karena di era yang semakin canggih ini bisnis bisa dilakukan dimana saja tak terkecuali di rumah.

Membuat rumah pribadi sebagai tempat bisnis banyak sekali keuntungannya seperti tidak repot, lebih praktis dan yang pasti memangkas biaya modal usaha. Cara ini menjadi salah satu yang harus dilakukan untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Jika bisnis sudah berjalan lancar dan berkembang baru membuka toko atau tempat usaha di tempat lain.

Baca ini juga:  Usaha yang Modalnya Kecil

Lakukan Persiapan

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan persiapan yang matang sebelum benar-benar membuka usaha secara umum. Jika sudah memiliki usaha yang akan dijalankan, sudah memiliki tempat untuk menjalankan usaha maka sudah bisa untuk memulai menjalankan usaha tersebut namun ada persiapan yang terlebih dahulu harus disiapkan. Bagi pebisnis yang memulai usaha dengan modal kecil hal ini harus benar-benar diperhatikan. Lakukan persiapan yang matang sebelum mulai menjalankan usaha yang artinya siapkan segala sesuatunya dengan baik dan siap berjalan dengan lancar jangan sampai ketika sudah memulai membuka usaha masih ada beberapa hal yang belum siap.

Bagi para pebisnis modal kecil hal ini harus benar-benar diperhatikan karena jika tidak maka akan mempengaruhi jalannya usaha. Sebagai contoh jika usaha sudah mulai dijalankan dan ternyata masih ada banyak kekurangan dan hal yang belum siap maka itu akan menjadi suatu kerugian yang dimana nantinya konsumen akan kecewa dan otomatis akan ada beberapa kerugian lainnya. Maka dari itu sebelum benar-benar membuka bisnis usaha persiapkan semuanya dengan sebaik mungkin agar nantinya tidak menimbulkan kerugian.

Mulai dan Terus Belajar

Jika langkah-langkah di atas sudah dijalankan dan dipersiapkan dengan baik maka mulai untuk membuka usaha secara umum. Di hari pembukaan usaha pastikan bahwa banyak pelanggan atau konsumen yang menilai. Hal ini sangat dibutuhkan apalagi di awal usaha karena penilaian dari konsumen bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk membuat usaha yang lebih baik. Penilaian di awal oleh konsumen akan menjadi masukan yang sangat luar biasa. Untuk pebisnis modal kecil yang diberikan penilaian tentang modal yang kurang besar dan segala macam disarankan untuk menanggapi dengan tenang karena bisnis modal kecil hanyalah sebagai awalan memulai usaha.

Cara berbisnis dengan modal kecil memang sedikit berbeda dengan berbisnis dengan modal besar banyak yang harus dilakukan bagi pebisnis modal kecil namun jangan merasa berkecil hati karena bisnis tidak ditentukan dengan modal walau memang dengan modal yang besar segala sesuatu bisa terlaksana dengan sedikit mudah namun percaya jika memulai bisnis dengan modal kecil diiringi dengan usaha dan niat yang keras maka hasil tidak akan berbohong.

Baca ini juga:  Simulasi Harga dan 11 Cara Jual Beli Kredit Mobil Bekas Murah

Terima Kegagalan dan Terus Berusaha

Hal terakhir yang sangat penting bagi pebisnis adalah mau menerima kegagalan dan mencoba lagi. Banyak para pebisnis yang mudah menyerah ketika pertama kali gagal menjalankan bisnisnya terutama bagi pebisnis modal kecil yang jika mengalami kegagalan langsung menyerah. Banyak sekali bisnis bermodal kecil yang jika bisnisnya gagal menyerah begitu saja hal itu kebanyakan anggapan mengenai kegagalan mereka yang disebabkan oleh modal kecil. Sudah banyak para pelaku bisnis modal kecil yang gagal dan minder akibat modal yang kecil dibanding lainnya.

Hal ini tentu harus digarisbawahi dan menjadi perhatian bagi para pebisnis modal kecil karena kegagalan dan keberhasilan dari bisnis bukanlah dari modal namun dari usaha. Sekecil apapun modal jika bisnisnya dikelola dengan baik, terus belajar dari kesalahan, selalu menciptakan hal unik dan baru maka bisnisnya akan terus berjalan dan akan sukses. Maka dari itu jika mengalami kegagalan mulai dari awal, persiapkan lebih baik dan yang pasti belajar dari pengalaman.

Cara berbisnis dengan modal kecil di atas bisa diterapkan bagi siapa saja dan dimana saja. Satu hal yang terpenting dalam menjalankan usaha adalah dengan niat dan pengorbanan yang keras serta mau belajar dan menerima kritik dan masukan dari semua orang.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!