7 Cara Memulai Usaha Dengan Modal Kecil Secara Praktis Untuk Pemula

3 min read

cara memulai usaha dengan modal kecil

cara memulai usaha dengan modal kecil

Sebenarnya, terdapat beragam cara memulai usaha dengan modal kecil yang bisa Anda terapkan. Namun, keberadaan berbagai cara tersebut nampaknya tidak Anda sadari. Hal ini dikarenakan pikiran Anda sudah terbelenggu oleh opini bahwa memulai usaha harus membutuhkan modal besar. Merintis sebuah usaha tidak selalu memerlukan jumlah dana yang besar.

Kini, dengan modal kecil pun Anda sudah bisa untuk mulai menjalankan usaha. Cara membuka bisnis tentu berbeda-beda tergantung bidang yang akan Anda tekuni. Tetapi, secara umum ada 7 cara memulai usaha menggunakan modal kecil yang dapat Anda terapkan. Berikut ini adalah deskripsi kesepuluh cara mengawali bisnis dengan modal minim tersebut.

7 cara memulai usaha menggunakan modal kecil

1.      Tentukan jenis usaha

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan jenis usaha dan memutuskannya. Dalam menentukan jenis usaha yang akan ditekuni sebaiknya Anda bersikap selektif. Hal ini dikarenakan usaha yang Anda pilih akan mempengaruhi besar kecilnya modal. Dikarenakan jumlah modal yang dimiliki kecil, maka Anda bisa memilih jenis usaha sederhana.

Beberapa contoh bidang usaha sederhana adalah berjualan makanan ringan/camilan, pulsa HP dan kuota internet, baju, celana serta tas dll. Disamping memikirkan modal yang dibutuhkan, Anda juga perlu mempertimbangkan bagaimana keberlanjutan atau prospek dari usaha ini. Apabila modal dirasa cukup dan prospek usaha bagus, maka bukan tidak mungkin keuntungan besar bisa diperoleh.

 

2.                Melakukan riset pasar

Setelah yakin dengan bidang usaha yang ditekuni, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Secara umum, riset pasar bertujuan untuk mengetahui tiga aspek yang berhubungan dengan usaha Anda. Ketiga aspek tersebut meliputi barang/jasa apa yang dibutuhkan masyarakat, seperti apa selera mereka dan berapa banyak kompetitor usaha Anda.

Tiga informasi tersebut tidak akan pernah bisa Anda peroleh tanpa melakukan riset pasar. Dari kegiatan inilah, Anda akan memperoleh referensi cara membuka, mengelola dan mempertahankan usaha di tengah persaingan. Misalnya, Anda memutuskan untuk membuka usaha fashion dengan menjual beragam jersey klub sepakbola.

 

Baca ini juga:  Peluang Usaha Jajanan Jagung Bakar Kaca

Biasanya, Anda harus melakukan riset pasar untuk melihat seberapa banyak penggemar atau fans klub tertentu. Setelah itu, Anda harus melakukan update stok jersey dengan desain terbaru. Anda juga bisa melakukan variasi dengan menjual jersey klub lokal disamping asing. Kemudian, menjual beberapa jersey klub sepakbola yang langka juga bisa dilakukan agar terkesan anti mainstream.

 

3.                Menghitung kebutuhan modal

Apabila Anda sudah melakukan analisis hasil riset pasar, maka tahap selanjutnya adalah menghitung besarnya modal yang diperlukan. Cara memulai bisnis dengan modal kecil yang satu ini, Anda harus terapkan secara teliti. Tanpa adanya ketelitian, maka akan berisiko pada luputnya beberapa unsur atau variabel yang tidak terhitung. Ketika kondisi ini terjadi, maka sebaiknya Anda harus menghitung ulang kebutuhan modal.

 

Beberapa variabel yang perlu dipertimbangkan sebagai modal adalah biaya tempat usaha (jika sewa), pembelian jersey dari distributor, ongkos kirim. Disamping itu, dalam berjualan jersey Ana juga memerlukan hanger dan plastik kaos. Ketika rincian kasar modal usaha sudah ditemukan, maka pertimbangkan dahulu, apakah sudah sesuai dengan dana yang dimiliki atau belum?

 

Apabila sudah sesuai, maka Anda tinggal mengeksekusinya saja. Namun, jika dirasa masih terlalu besar, Anda bisa melakukan penghematan pada beberapa biaya variabel. Contohnya: dikarenakan bisnis yang Anda jalankan baru tahap awal jadi sebaiknya gunakan terlebih dahulu sistem online shop. Dengan demikian, biaya yang seharusnya digunakan untuk sewa tempat bisa dihemat.


 

4.                Tidak perlu merekrut karyawan

Satu lagi aspek yang perlu Anda sadari yaitu bisnis ini masih dalam tahap merintis menuju ke arah berkembang. Oleh sebab itu, merekrut karyawan atau pegawai tidak perlu Anda lakukan secara terburu-buru. Hal ini dikarenakan apabila Anda mempekerjakan karyawan tentu akan menambah biaya operasional yang harus dikeluarkan berupa gaji.

 

Baca ini juga:  Referensi Usaha Bermodal Kecil Bagi Anda yang Ingin Berwirausaha

Dikarenakan modal yang dimiliki kecil, maka Anda harus lebih bijak dalam mengatur keuangan. Tanpa pengelolaan keuangan yang bijak bisa dipastikan bisnis Anda mudah kolaps. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengelola bisnis yang dijalani secara mandiri. Barulah ketika bisnis berkembang dan omsetnya naik, Anda bisa mengambil opsi untuk mempekerjakan karyawan atau pegawai.

 

5.                Promosikan produk Anda melalui sosial media

Bagi para pengusaha profesional, promosi tentu membutuhkan biaya yang tak murah. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa menggunakan media promosi yang mudah diakses publik melalui iklan di radio dan televisi, banner dan reklame. Bagi Anda yang memiliki dana minim, cara memulai usaha dengan modal kecil yang bisa dilakukan adalah mempromosikan produk lewat sosial media.

 

Sebenarnya, jika Anda jeli ada banyak sekali sosial media yang efektif untuk promosi usaha. Diantaranya yaitu Instagram, Line, Whatsapp bahkan Facebook sekalipun masih relevan. Sebagai contoh, misalnya Anda ingin mempromosikan produk jersey yang dimiliki melalui Instagram. Cara yang dapat Anda lakukan adalah mengupload story dan feed minimal 3 kali dalam sehari.

 

6.                Promosikan produk Anda melalui marketplace

Pada zaman sekarang ini, transaksi jual beli online memang semakin diminati. Sebagai seorang penjual yang cerdas, Anda tentu harus membaca kondisi ini sebagai peluang. Oleh karena itu, selain menggunakan sosial media, Anda juga harus memasarkan produk yang dimiliki di berbagai market place. Market place merupakan tempat transaksi jual beli online antara seller dan buyer.

 

Beberapa jenis marketplace yang disarankan untuk dijadikan sebagai media promosi diantaranya adalah Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Carousell, Blibli dll. Disamping banyak peminatnya, proses transaksi keuangan di berbagai market place juga relatif aman bagi penjual. Ini tidak terlepas dari keberadaan layanan rekening bersama. Jadi, produk tidak bisa dikirim ke buyer sebelum Anda menerima pembayaran.

 

Baca ini juga:  Bisnis Apa yang Menjanjikan di Tahun 2019?

7.                Maksimalkan kemampuan Anda

Beberapa orang berpendapat bahwa maksimal atau tidaknya output dari bisnis yang dijalankan sangat bergantung pada passion Anda. Analoginya, apabila usaha yang Anda jalankan sesuai passion, maka bisa dipastikan hasilnya akan maksimal. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis pertimbangkan terlebih dahulu passion yang Anda miliki. Tanpa dukungan passion, niscaya usaha yang Anda tekuni akan maksimal secara hasil dan proses.

 

Disamping itu, merintis bisnis dengan modal kecil juga bisa Anda lakukan asal mau memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Kenali dulu keterampilan yang dimiliki, siapa tahu itulah jalan terbaik menuju kesuksesan dalam membuka usaha. Misalnya, jika Anda mempunyai keterampilan dalam memasak hidangan yang lezat mungkin bisa merintis jasa catering sederhana. Apabila ditekuni bukan tidak mungkin bisnis Anda ini akan semakin besar.

 

Siapa bilang membuka usaha selalu identik dengan modal yang besar? Sekarang, dengan modal yang kecil pun semua orang berpotensi untuk merintis usaha termasuk Anda. Namun, terkadang Anda sudah memiliki sejumlah uang sebagai modal tetapi bingung bagaimana mulai merintis usaha. Problem ini dapat diatasi dengan menerapkan ketujuh cara memulai usaha dengan modal kecil di atas.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!