Cara Mengembangkan Usaha

4 min read

cara mengembangkan usaha

cara mengembangkan usaha

Dewasa ini hampir setiap orang ingin membuka usaha demi menambah penghasilan sampingan. Hal ini bisa jadi dikarenakan biaya hidup yang semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Mereka yang membuka usaha sudah pasti butuh cara mengembangkan usaha dengan modal kecil. Nah, penjelasan selanjutnya simak ulasan berikut ini.

 

Apa yang di maksud dengan usaha?

 

Usaha merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang maupun kelompok untuk menghasilkan uang atau barang yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam mencapai kemakmuran hidup.

 

Saat ini banyak yang memilih untuk membuka sebuah usaha sebagai jalur dalam menambah penghasilan. Kalangan yang berkecimpung dalam dunia usaha tidak hanya mereka yang telah mapan, tapi mereka yang berusia muda juga ikut serta dalam membuka usaha sederhana. Hebatnya lagi, mereka mampu dan paham terkait cara mengembangkan usaha dengan modal kecil sekalipun.

 

Para pengusaha-pengusaha tersebut cakap dalam memantau peluang usaha di mana ketika ada kesempatan untuk memulai sebuah usaha dalam waktu tertentu, mereka tidak pernah mengabaikan.

 

Kenapa banyak usaha yang gagal?

cara mengembangkan usaha biar tidak gagal

Kegagalan merupakan hal yang wajar bahkan sebagian bisa lebih berhasil ketika pernah mengalami kegagalan. Mereka yang bercermin pada kata kiasan ‘kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda’ mungkin mampu bangkit setelah dilanda kerugian sekalipun. Tapi, ada sebagian orang yang tidak mau untuk mencoba kembali bangkit dan memulai bahkan memperbaiki hal-hal yang membuat mereka gagal sebelumnya.

 

Sebenarnya, apa yang membuat sebuah usaha kerap mengalami kegagalan?

 

  1. Salah Menentukan Prioritas

 

Mereka yang membuka sebuah usaha sebagai ladang untuk mencari uang umumnya adalah kalangan yang memiliki pekerjaan utama di bidang lainnya. Atau dengan kata lain mereka hanya menjadikan usaha ini sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah uang belanja.

 

Bagi yang membuka usaha sebagai pekerjaan sampingan, mereka cenderung mengalami kegagalan karena sebuah ambisi yang ingin cepat sukses. Adanya keinginan yang kuat agar cepat sukses sejatinya adalah sikap yang patut diacungi jempol, tapi parahnya mereka yang berambisi ini terkadang tidak memiliki batasan sehingga lupa bahwa dirinya masih berada di tingkat awal.

Baca ini juga:  4 Jenis Peluang Bisnis Franchise di Indonesia

 

Mereka bisa saja memesan barang dengan kuantitas yang berlebihan sehingga kehilangan fokus dan tidak maksimal dalam proses pengerjaannya. Hal ini bisa berdampak pada pelanggan yang turut komplain terhadap kinerja yang tidak profesional. Ada baiknya jika Anda memulai usaha dengan cara tetap menyesuaikan tingkat bisnis dan kemampuan.

 

  1. Salah Menentukan Kebutuhan

 

Dalam dunia usaha, Anda harus menentukan dengan cara tepat mengenai hal yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan. Kebanyakan dari pihak yang membuka usaha dengan tanpa sadar terbuai pada sesuatu yang tidak penting seolah-olah usaha yang dibuka adalah usaha yang sudah maju dan besar. Salah satunya adalah seperti merancang logo usaha yang sedang dijalani, membuat kartu nama pemilik usaha serta membeli perangkat lunak dengan harga mahal untuk pembukuan serta berbagai hal yang tidak terlalu dibutuhkan lainnya.

 

Semua hal tersebut memang penting untuk sebuah usaha. Tapi, usaha seperti apa yang harus dilengkapi dengan kebutuhan tersebut? Usaha yang masih tergolong kecil sebaiknya dipenuhi dengan kebutuhan yang benar-benar penting untuk membuat usaha tersebut berjalan lancar. Sebaiknya fokuskan pada kegiatan promosi agar usaha Anda dikenal, fokuskan juga pada pasokan bahan baku atau material untuk produk usaha, kemudian fokuskan juga untuk perizinan usaha Anda dan membuat usaha dengan konsep yang valid.

 

  1. Pola Pikir yang Keliru

 

Pola pikir yang salah dari banyak pelaku usaha adalah dengan berpikir bahwa semua barang atau produk yang dijual akan laku. Adanya pola pikir yang keliru seperti ini dapat merugikan dan membuat usaha Anda langsung mengalami kegagalan. Jangan pernah menganggap aspek pemasaran dapat dijalani dengan mudah sehingga Anda juga mudah dalam menghabiskan dana untuk aspek-aspek usaha yang tidak begitu penting pada awal karier. Dampaknya adalah usaha Anda akan gagal dalam waktu yang tidak lama. Maka diperlukan beberapa cara mengembangkan usaha dengan modal kecil.

 

  1. Perencanaan yang Tidak Matang

 

Perencanaan merupakan kunci utama dalam menjalankan usaha. Tanpa perencanaan maka mustahil sesuatu akan berjalan dengan baik dan mulus. Rencana dalam sebuah usaha biasanya hanya meliputi rencana sederhana tanpa perlu dirinci seperti membuat rencana tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya visi dan misi usaha Anda serta kontak jaringan yang bersifat potensial.

Baca ini juga:  Apa Saja Bisnis yang Menguntungkan Saat Ini? Simak dan Pelajari Penjelasannya Dibawah Ini!

 

  1. Tidak Mampu Membangun Jaringan

 

Kekuatan sebuah usaha terletak pada jaringan yang dimiliki. Jaringan yang dimaksud adalah pelanggan, teman maupun saudara dan sebagainya. Fungsi dari jaringan ini adalah sebagai pihak yang ikut melakukan promosi usaha Anda secara tidak langsung. Kemudian Anda sebagai pemiliki usaha disarankan agar sering menghadiri acara baik itu pertemuan guna menambah wawasan maupun kenalan baru yang bisa menjadi jaringan baru untuk usaha Anda. Jaringan yang telah dijalin sebanyak mungkin akan membantu usaha Anda berkembang sehingga dapat bersaing dengan usaha lainnya.


 

Bagaimana cara mengembangkan usaha dengan modal kecil?

cara mengembangkan usaha kecil menengah

Ada beberapa cara mengembangkan usaha dengan modal kecil yang bisa menjadi referensi bagi Anda calon pemilik usaha. Langkah yang perlu Anda lakukan agar bisnis tumbuh besar sebagaimana mestinya adalah sebagai berikut:

 

  1. Manfaatkan Keahlian

 

Modal yang kecil untuk memulai sebuah usaha merupakan hal yang mungkin saja bisa terjadi mengingat hal utama yang harus dimiliki oleh pemilik usaha adalah keahlian. Jika keahlian yang Anda miliki kira-kira bermanfaat untuk orang lain maka tidak ada yang tidak mungkin untuk mulai membuka usaha.

 

Keahlian dapat timbul akibat melakukan sesuatu dengan cara berulang-ulang dan telah menjadi suatu kebiasaan. Contoh dari keahlian yang berjalan searah dengan hobi misalnya memasak. Anda bisa menggunakan kemampuan tersebut untuk membuka usaha nasi kotak atau rumah makan sederhana.

 

  1. Manfaatkan Peralatan yang Telah Dimiliki

 

Orang akan berpikir bahwa untuk memulai usaha harus punya peralatan lengkap, baru bahkan mahal. Padahal itu semua tidak penting mengingat modal yang Anda gunakan cukup kecil. Contohnya adalah jika Anda punya sebuah oven panggang kue, maka gunakan oven tersebut sebagai peralatan yang bisa menghasilkan produk untuk usaha Anda tentunya disertai keahlian membuat kue.

 

  1. Manfaatkan Relasi

 

Hubungan yang terjalin antara Anda dan kolega akan sangat menguntungkan usaha yang Anda buka. Mengapa? Karena mereka akan membawa hoki bagi Anda tentunya dengan perlakuan baik seperti membangun kepercayaan dan loyalitas.

 

  1. Manfaatkan Media Sosial

 

Hidup di zaman yang serba teknologi seperti saat ini tentu memiliki dampak positif yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Media sosial yang marak digunakan oleh setiap pengguna bisa dijadikan sebagai lahan promosi yang gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk sekedar mempromosikan usaha yang baru dirintis.

  1. Manfaatkan Benda Bekas

 

Apakah bisa kalau benda bekas dijadikan sebagai modal usaha? Kenapa tidak? Anda dapat memanfaatkan benda bekas sebagai produk yang memiliki nilai guna. Syaratnya adalah kreativitas, rajin berinovasi dan selalu menciptakan hal yang unik. Anda bisa mengubah kemasan plastik menjadi beragam aksesoris yang cantik dan berguna.

Baca ini juga:  Bingung Mulai Usaha Apa yang Menguntungkan? Ini Jawabannya!

 

Jadi, untuk cara mengembangkan usaha Anda dengan modal kecil bisa dengan melakukan langkah-langkah di atas. Siapa pun dapat membuka usaha asalkan memiliki bakat, minat dan keberanian.

 

Ide Usaha dengan Modal Kecil

 

Berikut ini ada beberapa ide yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan untuk membuka usaha dengan modal kecil.

 

  1. Usaha di Bidang Jasa

 

Cara mengembangkan usaha dengan modal kecil di bidang jasa adalah menjadi penyedia jasa yang paling dibutuhkan oleh orang banyak, seperti jasa cuci atau laundry. Banyak pihak yang malas sekali untuk mencuci pakaian mengingat jam kerja yang semakin padat. Jadi, mereka memilih untuk membawa pakaian kotornya ke laundry terdekat.

 

Selain laundry, usaha di bidang jasa yang bisa Anda buka adalah les privat. Pelajar yang akan menghadapi ujian akhir sekolah rata-rata menggunakan jasa les privat guna meningkatkan prestasi belajarnya. Umumnya yang membuka usaha di bidang jasa les privat ini adalah mahasiswa. Mereka memilih membuka usaha les privat untuk menambah uang jajan agar tidak lagi berharap pada kiriman orang tua.

 

Anda juga bisa membuka usaha jasa penerjemah. Usaha ini berlaku bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa asing di atas rata-rata. Biaya untuk membayar seorang penerjemah termasuk tinggi, loh.

 

  1. Usaha di Bidang Properti

 

Anda bisa mengikuti cara mengembangkan usaha dengan modal kecil di bidang properti seperti agen rumah, tanah atau bangunan. Para agen biasanya tidak membutuhkan modal besar untuk mempromosikan produk properti. Agen properti termasuk bisnis modal kecil yang paling menguntungkan, apalagi properti merupakan aset yang harganya selalu naik.

 

Apakah setelah melihat penjelasan mengenai cara mengembangkan usaha dengan modal kecil membuat Anda tertarik untuk turut berkecimpung dalam dunia usaha? Buruan cari usaha apa yang patut Anda buka dan kelola dengan penuh keyakinan. Selamat mencoba.

 


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!