Cara Menjadi Reseller

4 min read

cara menjadi reseller

cara menjadi reseller

Salah satu cara untuk memperoleh penghasilan adalah dengan berusaha dengan menjalankan usaha rumahan, salah satunya adalah dengan menjadi reseller. Pengertian reseller, berbagai macam cara menjadi reseller dan hal-hal lain akan dibahas di bawah ini.

 

Sekilas Tentang Reseller

 

Kalau diartikan secara harfiah, reseller itu merupakan seseorang yang pekerjaannya menjual kembali (re = kembali, seller = penjual) barang milik orang lain. Cara menjadi reseller memang menjualkan lagi, dengan harga yang dipatok sendiri, yang tentu saja lebih mahal dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Cara menjadi reseller adalah menjual barang milik supplier. Dijualnya kepada konsumen-konsumen dari reseller yang bersangkutan. Reseller dan supplier berdiri terpisah karena memang reseller bukan menjadi bagian dari supplier. Sebagai reseller, barang yang dibeli dari supllier harus kita stok terlebih dahulu sebelum nantinya dijual ke konsumen.

 

Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Reseller

 

Sebelum mempelajari bagaimana cara menjadi reseller kita harus mengetahui terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangan menjadi seorang reseller. Di atas tadi sudah disinggung sekilas bahwa untuk menjadi reseller sebelum barang yang dibeli dari suppler dijual kepada konsumen ada satu hal yang harus yang dilakukan terlebih dahulu, yakni melakukan stok barang.

Cara menjadi reseller adalah dengan melakukan stok barang terlebih dahulu tersebut dengan sendirinya reseller bisa mengetahui kualitas dari barangnya. Di samping itu dalam hal menentukan harga jual ke para konsumennya, reseller memiliki kebebasan penuh. Dalam arti reseller bebas menjual dengan harga berapa saja, asalkan masih dalam batas kewajaran.

Malah terkadang, bahkan seringnya kalau sudah berbisnis, bekerja sama sejak lama dan sudah percaya, supplier memberikan diskon cukup besar kepada resellernya. Inilah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan oleh seorang reseller.

Cara menjadi reseller yang juga termasuk kelebihannya yang lain ialah bisa belajar mengelola segala sesuatunya dengan baik. Seperti bagaimana mengatur stok supaya tidak berlebihan maupun kurang, bagaimana mengatur keuangan agar tidak mengalami kerugian, bahkan kalau bisa bertambah terus keuntungannya.

Jika pekerjaan yang kita lakukan sebagai seorang reseller bisa berjalan dengan baik dan lancar, bukan tidak mungkin level kita akan naik, setahap demi setahap ke arah yang lebih baik, misalnya menjadi seorang supplier.

Baca ini juga:  3 Keuntungan Usaha Waralaba Alfamart

Cara menjadi reseller yang baik salah satunya juga harus mempelajari kekurangannya. Kekurangan menjadi reseller adalah harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli sejumlah barang dari supplier (melakukan stok barang).

Kekurangan lainnya lagi adalah jika suatu saat barang-barang yang dibeli dari supplier tersebut cacat atau kualitasnya kurang bagus, tidak sesuai dengan yang diinginkan maka resellerlah yang harus menanggung resikonya atas segala kerusakan barang yang diterima oleh konsumennya.

 

Sistem Kerja Seorang Reseller

 

Ada beberapa tahapan atau sistem kerja yang harus dijalani dan dipelajari dengan seksama oleh reseller yang termasuk ke dalam cara menjadi reseller yang baik. Artinya seorang reseller mempunyai sistem kerja yang runut.

Cara menjadi reseller sebagai berikut. Reseller membeli suatu barang bisa dari siapa saja, tidak hanya dari supplier melainkan juga dari toko online, dari toko grosir, dari produsen, dari agen, dari distributor dan lain-lain.

Barang yang dibeli menjadi barang stok. Kemudian barang tersebut dijual kembali dengan harga yang sudah pasti lebih tinggi dari harga awalnya dengan tujuan agar bisa memperoleh profit. Penjualan barang stok tersebut bisa melalui banyak cara. Antara lain lewat beragam media sosial yang dimiliki seperti instagram dan facebook.

Promosi barang juga bisa dilakukan reseller dengan cara membuat sebuah website atau blog. Di website atau blog tersebut reseller bisa memasang barang-barang yang dijualnya, bisa berupa baju, tas, sepatu atau barang-barang lain. Sudah tertera harganya pula, harga yang terjangkau supaya banyak yang berminat.

 

Berbagai Macam Cara Untuk Menjadi Reseller Yang Sukses

 

Jika ingin menjadi seorang reseller yang sukses maka terlebih dahulu harus mengetahui dengan jelas bagaimana cara menjadi reseller. Berbagai macam cara untuk menjadi seorang reseller yang baik, yang nantinya bisa sukses harus dipelajari dengan sungguh-sungguh supaya nantinya profesi resellernya bisa terus berjalan dengan lancar.

Pertama kalinya cara menjadi reseller adalah memiliki niat. Dengan tekad yang kuat inilah maka segala hal akan dilakukan dengan sungguh-sungguh, tidak main-main, akan diseriusi betul bisnisnya. Apabila di tengah jalan mengalami masalah tidak gampang mundur namun berupaya semaksimal mungkin mencari jalan keluar yang paling baik. Yang penting pekerjaan menjadi reseller terus berjalan, tidak berhenti.

Baca ini juga:  Keuntungan dan Jenis Peluang Usaha Melalui Internet dengan Modal Kecil

Modal yang cukup, budget yang lumayan besar, merupakan salah satu cara menjadi reseller. Uang tersebut digunakan untuk melakukan stok barang terlebih dahulu dalam jumlah yang tidak sedikit sebelum nantinya ditawarkan, dijual kembali ke konsumen-konsumen dengan harga yang lebih tinggi.


Cara menjadi reseller yang baik lainnya lagi adalah dengan memilih supplier yang tepat, yang berpengalaman dan profesional. Kredibilitasnya sebagai seorang supplier sudah tidak diragukan lagi sehingga nantinya bisa bekerja sama dengan baik.

Cara menjadi reseller yang baik salah satunya harus mempunyai aturan kerja yang jelas dengan suppliernya. Misalnya begini, supplier memberikan harga khusus reseller kepada kita. Bisa juga membicarakan dengan suppliernya pemberian bonus untuk kita jika bisa menjual produknya dalam jumlah yang banyak.

Cara menjadi reseller yang baik lainnya dengan memastikan terlebih dahulu bahwa supplier yang kita ajak kerja sama selalu memilik stok barang yang cukup. Jangan sampai kita kehabisan barang pada saat permintaan konsumen akan barang yang kita jual tengah tinggi-tingginya. Yang ada kitanya bisa rugi, konsumennya kecewa, meninggalkan kita, mencari reseller saingan kita.

Salah satu cara menjadi reseller lainnya lagi ialah memiliki keahlian untuk memasarkan barang. Ahli di sini maksudnya mempunyai kemampuan yang mumpuni menawarkan suatu barang kepada konsumen di mana nantinya berkat cara pemasaran yang baik konsumen pada akhirnya tertarik untuk membeli.

Cara menjadi reseller yang baik juga harus memiliki koneksi dengan pihak-pihak yang diajak bekerja sama, terutama dengan supliernya. Karena melalui supplier inilah reseller membeli barang untuk pertama kalinya. Jika bisa menjalin hubungan yang baik dengan supplier jalinan bisnis bisa berjalan dengan baik, bahkan bisa jadi supplier memberikan harga yang lebih murah kepada reseller.

Cara menjadi reseller yang sukses harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara membuat situs atau blog. Hal ini disebabkan karena blog atau situs tersebut merupakan salah satu cara untuk memasarkan barang-barangnya.

Apabila jualannya ingin sukses di internet maka ilmu tentang dunia internet, tentang dunia maya dengan segala isinya, dengan segala masalah yang ada di dalamnya harus dikuasai oleh reseller karena salah satu cara menjadi reseller yang baik salah satunya memang demikian. Tujuannya supaya tidak gampang tertipu oleh adanya scammer yang biasanya menjadi hal yang mengganggu di internet.

Mengerti dengan jelas bagaimana caranya berjualan lewat online juga merupakan salah satu cara menjadi reseller yang baik. Seiring dengan jaman yang semakin maju di mana segala sesuatunya dihubungkan dengan internet maka berjualan pun dilakukan lewat internet, dengan cara online.

Baca ini juga:  5 Inspirasi Bisnis Rumahan Untuk Siapa Saja

Bagaimana caranya melakukan promosi di berbagai media sosial yang kita miliki dengan baik, seperti di facebook atau instagram juga salah satu cara menjadi reseller yang bisa sukses. Supaya media sosial kita banyak dilihat, agar setelah melihatnya konsumen langsung berminat, tertarik untuk membeli juga diperlukan teknik-teknik khusus yang bisa dipelajari dengan baik.

Cara menjadi reseller yang sukses lainnya lagi adalah banyak-banyak belajar tentang dunia ini. Carilah wawasan dan pengetahuan yang sebanyak-banyaknya tentang dunia reseller. Banyak-banyaklah bertanya pada ahlinya, pada reseller yang sudah memiliki jam terbang tinggi, yang sudah menjadi seorang reseller yang sukses, yang bahkan sekarang telah berubah menjadi pengusaha sukses juga.

Cara menjadi reseller yang baik lainnya adalah dengan mengetahui terlebih dahulu produk yang akan dijual. Harus memiliki product knowledge yang bagus. Jenis produk apa yang akan dijual harus dipahami dengan baik agar tidak salah memasarkannya, supaya promosinya tepat sasaran. Keunggulan dari produk yang bersangkutan bisa kita jelaskan dengan baik kepada para customer.

Mengenali pesaing atau competitor kita dengan baik merupakan salah satu cara menjadi reseller yang baik juga. Seorang reseller yang baik harus mengetahui dengan pasti seberapa banyak pesaingnya. Semakin banyak competitor yang menjual produk yang sama maka akan semakin berat usaha kita menjual produk yang sama.

Menghitung kelayakan menjadi seorang reseller juga menjadi salah satu cara menjadi reseller. Harus diperhitungkan dengan baik apakan pekerjaan menjadi reseller layak untuk ditekuni. Bandingkanlah lebih banyak keuntungan atau kerugiannya.

Cara menjadi reseller yang baik lainnya dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat. Strateginya harus tepat, jangan sampai salah sasaran. Misalnya kalau menjual baju yang tengah hits saat ini, baju Korean Look maka pangsa pasar yang tepat adalah anak-anak muda.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!