Cara Pengajuan Kartu Kredit Online Secara Cepat Dan Mudah

Posted on

pengajuan kartu kredit online

Pembayaran secara tidak tunai atau cashless saat ini makin berkembang di mana banyak platform-platform baik online maupun offline yang menyediakan cara pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang tunai dari dompet. Di antara berbagai macam layanan pembayaran secara cashless, yang paling aman adalah dengan menggunakan kartu kredit karena kartu kredit hanya dikeluarkan oleh lembaga perbankan yang sudah terawasi oleh OJK yang merupakan badan untuk mengatur regulasi operasional lembaga finansial demi keamanan masyarakat. Kini, mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit pun juga dipermudah dengan adanya pengajuan kartu kredit online. Jadi bagi Anda yang masih ragu mau membuat kartu kredit, prosedurnya bisa lebih mudah sekarang.

Kenapa harus punya kartu kredit?

Anda mungkin adalah termasuk orang yang lebih suka dengan konsep dan cara yang tradisional termasuk dalam hal pembayaran. Lebih suka membayar barang belanjaan atau tagihan dengan mengeluarkan sejumlah uang dari dalam dompet dibandingkan dengan melakukan pembayaran secara virtual. Tetapi Anda juga harus sadar bahwa penggunaan kartu kredit memiliki banyak manfaat salah satunya adalah dari segi keamanan di mana kartu kredit tidak hanya berlaku untuk di Indonesia saja namun juga bisa Anda gunakan ketika bepergian ke luar negeri.

Selain pengajuan kartu kredit online yang kini lebih mudah, berikut adalah keuntungan memiliki kartu kredit untuk manajemen keuangan Anda:

  1. Belanja jadi lebih praktis dan nyaman karena Anda tidak harus bawa uang tunai sampai dompet penuh, dan tidak harus buru-buru cari ATM untuk tarik tunai

  2. Bank sering memberikan poin untuk setiap penggunaan kartu kredit di mana poin tersebut bisa Anda tukar dengan berbagai macam keuntungan

  3. Uang hilang susah untuk ditemukan, kartu kredit hilang Anda bisa langsung melakukan pemblokiran dan uang di bank pun aman

  4. Kartu kredit bisa Anda gunakan sebagai alat pembayaran utama sedangkan uang tunai disimpan sebagai alat pembayaran darurat jika Anda berada pada situasi di mana susah untuk tarik tunai di ATM

  5. Ada banyak promo dari merchant bagi yang menggunakan kartu kredit

  6. Pengeluaran lebih terlacak karena setiap barang yang dibeli atau pembayaran pasti tercatat

  7. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara cicilan.

Cara pengajuan kartu kredit secara online

Pengajuan kartu kredit online adalah permohonan untuk membuat kartu kredit ke lembaga keuangan pilihan Anda tanpa harus datang ke bank-nya. Cara ini untuk memudahkan Anda dalam memiliki kartu kredit dan menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan untuk para pemilik kartu kredit dari bank tersebut. Ada berbagai macam cara bisa dilakukan karena kini sudah banyak penyedia layanan pengajuan kartu kredit baik melalui bank tersebut maupun melalui pihak lain.

Pada umumnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi mengenai data diri, kemudian nantinya pihak bank akan menghubungi Anda untuk memandu proses pengajuan kartu kredit selanjutnya. Pihak bank akan melakukan penilaian apakah pemohon layak untuk mendapatkan kartu kredit atau tidak sesuai dengan catatan BI Checking-nya. Permohonan yang dikabulkan akan dikirimkan kartu kreditnya ke alamat sesuai dengan data diri yang ada di formulir pengajuan kartu kredit online.

Melakukan pengajuan kartu kredit online bisa Anda lakukan melalui:

  1. Perusahaan fintech

Anda bisa melakukan pengajuan melalui perusahaan fintech Indonesia yang menyediakan layanan pengajuan kartu kredit secara online. Keuntungannya, sebelum mengajukan Anda bisa melakukan pembandingan mengenai biaya administrasi, limit, dan fasilitas lainnya dari kartu kredit yang diterbitkan oleh beberapa macam bank. Anda juga bisa mengajukan beberapa permohonan kepada beberapa bank sekaligus tanpa harus mengunjungi kantor atau situs bank satu per satu.

  1. Situs resmi bank

Anda juga bisa mengajukan permohonan kartu kredit langsung melalui situs online dari bank pilihan Anda sendiri. Keuntungannya adalah pengajuan dilakukan di situs yang jelas aman karena dijamin oleh sistem dari bank itu sendiri, dan Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai ketentuan dan juga prosedur yang berlaku langsung dari situs resminya.

  1. Melalui aplikasi e-commerce

Beberapa e-commerce Indonesia menyediakan layanan pengajuan kartu kredit online dengan cara yang mudah untuk dipahami bahkan bagi yang belum pernah punya kartu kredit sebelumnya. Anda akan diminta untuk mengisi data diri termasuk penghasilan bulanan dan apakah sudah memiliki kartu kredit sebelumnya, kemudian nantinya e-commerce akan memberikan rekomendasi jenis kartu kredit mana yang cocok dengan keuangan Anda. Mengajukan kartu kredit online via e-commerce akan diteruskan ke pihak bank di mana bank nantinya akan menghubungi Anda sebagai pemohon untuk proses selanjutnya.

Agar pengajuan kartu kredit dikabulkan

Uang yang Anda belanjakan dengan menggunakan kartu kredit adalah hasil pinjaman dari bank yang harus dibayarkan sesuai dengan jumlah tagihan dan bunganya. Oleh karena itu bank tidak langsung mengabulkan permohonan pengajuan kartu kredit online yang masuk. Bahkan tidak jarang ada nasabah yang sudah mengajukan pembuatan kartu kredit beberapa kali namun ditolak. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin permohonan kartu kredit dikabulkan:

  1. Riwayat kredit yang sehat dan bersih, bank bisa melakukan pengecekan terhadap riwayat kredit Anda dari bank lainnya jadi pastikan tidak ada kredit macet atau hambatan kredit lainnya

  2. Memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang memenuhi standar, biasanya bank akan mengabulkan pengajuan kartu kredit kepada pemohon dengan gaji minimal Rp. 3 juta per bulan yang dibuktikan dengan slip gaji atau bukti keuangan lainnya

  3. Persyaratan administrasi maupun non-administrasi dilengkapi.

Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.