Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada, Bisnis Kerajinan Rotan

ide bisnis kreatif yg jarang ada

Hai para calon pebisnis muda, kali ini kita akan membahas mengenai ide bisnis kreatif yang jarang ada dalam hal ini khususnya adalah bisnis kerajinan rotan.

 

Apa Itu Rotan

Tanaman Rotan banyak ditemui di hutan-hutan di Indonesia, bahkan pemasok kebutuhan rotan dunia sekitar tujuh puluh lima persennya adalah berasal dari Indonesia para calon pebisnis muda. Tanaman rotan ini ialah termasuk sebagai golongan palma, dengan ide bisnis kreatif yang jarang ada atau puaknya, dengan jenis memanjat habitusnya.

 

Puak Calameae tersebut para calon pebisnis muda, mempunyai enam ratusan jenis yang tersebar tanamannya di area tropis di negara-negara Afrika, Asia serta Australia. Salak atau salacca adalah salah satu yang segolongan dengan tanaman rotan ini.

 

Batang rotan bentuknya lingkar memanjang dengan diameter sekitar tiga sentimeter, tidak berongga dan ada durinya, adapun panjangnya bisa hingga ratusan meter. Pada saat ditebas maka batang rotan akan mengeluarkan air getah. Batang rotan ini biasa menjadi makanan badak di hutan.

 

Di Indonesia batang rotan dapat dengan mudah ditemui di hutan Sumatera, serta di hutan di Jawa juga ada, dan Sulawesi, juga di hutan di Nusa Tenggara. Selain Indonesia rotan juga dipasok oleh negara Malaysia, Sri langka, Philipina, serta Bangladesh.

 

Tanaman rotan dan budidayanya sangat membantu upaya pelestarian hutan karena tumbuhnya termasuk cepat serta mudah dalam pemanenannya serta kemudahan dalam pengangkutannya dapat mengalihkan minat orang untuk lebih memilih memanen rotan daripada menebang kayu pohon-pohon hutan.

 

Kegunaan Rotan

Rotan dengan batangnya yang alami khas dan unik, banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kerajinan, para calon pebisnis muda yang kreatif akan dapat mengkreasikan rotan ini menjadi berbagai macam bentuk baru kerajinan rotan, seperti aneka wadah dari anyaman rotan berbentuk aneka kartun misalnya, atau tas modis, atau aksesoris sepatu yang unik, atau kacamata misalnya, atau hiasan jam tangan, juga aneka perabotan rumah tangga, dengan model baru, misalnya, dan lain sebagainya, sehingga bisa menjadi ide bisnis kreatif yang jarang ada.

 

Selama ini rotan banyak dibuat menjadi aneka macam kursi, rak majalah, raj sepatu, cermin, meja tamu, kursi lipat, tikar, kursi santai atau kursi malas, kursi jemur di pantai, kursi kebun, sekat ruangan bahkan hingga menjadi sajadah  dan aneka mebel lainnya yang sangat banyak sekali variasi modelnya. Juga ada lampit dari rotan yang sangat diminati di negara Jepang.

Baca ini juga:  Usaha Puding Kreatif adalah Bisnis Rumahan Modal Kecil

 

Selain itu, batang rotan juga dapat dibuat menjadi alat kesehatan berupa tongkat penyangga kaki atau lengan dan tangan untuk membantu berjalan bagi penderita lumpuh atau penyandang disabilitas yang kehilangan kaki atau lengan tangannya, batang rotan bahkan juga bisa dipergunakan untuk menjadi produk senjata juga para pebisnis muda.

 

Cara Pengolahan Rotan

ide bisnis kreatif yg jarang ada pabrik rotan

Adapun jenis rotan yang pada umumnya dipergunakan untuk keperluan industri kerajinan rotan ini tidak terlalu banyak jumlahnya, yakni diantaranya yang sudah sering diperdagangkan ialah jenis tohiti, atau matan, atau jenis batang, atau tabu-tabu, atau jenis mandola, atau sega, atau jenis suti, atau jenis blubuk, atau jenis lambang, atau kubu, atau rotan jenis pahit, atau rotan jawa, juga ada jenis rotan cacing, atau jenis slimit, atau jenis rotan lacak, atau juga rotan pulut dan jenis rotan semambu.

 

Proses pengolahan rotan diawali dengan pembersihan batang rotan dari duri-durinya, lalu dilakukan upaya pengawetannya guna melindungi batang rotan yang akan diolah menjadi aneka bentuk kerajinan tersebut para calon pebisnis muda, dari jamur rotan, yang biasanya disebut sebagai jamur blue stain.

 

Sedangkan pemrosesan batang rotan tersebut dapat dilakukan dengan dua macam cara, yakni dengan cara dimasak bersama dengan minyak tanah, khususnya untuk batang rotan dengan ukuran yang besar-besar atau berukuran sedang, atau dengan cara dilakukan pengasapan dengan menggunakan belerang bagi batang rotan yang ukurannya lebih kecil-kecil.

 

Lalu pada proses berikutnya batang rotan bisa dibuat menjadi berbagai jenis bahan baku kerajinan rotan para pebisnis muda, yakni dapat dibuat menjadi batang rotan kupasan atau sanded ataupun peel polosan, baik yang sudah dipoles juga atau yang semi poles, atau dibuat menjadi core, atau star core atau menjadi fitrit dan lain sebagainya.


 

Keunggulan dan Kekurangan Bahan Baku Batang Rotan

Batang rotan itu para calon pebisnis muda, memiliki banyak keunggulan, terutama jika mau dibandingkan dengan bahan baku produk kerajinan yang berupa kayu misalnya, yakni pertama adalah keunikan batang rotan itu sendiri, yang sangat khas dan alami, lalu berat batang rotan tersebut yang relatif lebih ringan, namun cukup kuat, serta elastis, sehingga karena elastis tersebut maka batang rotan menjadi lebih mudah dibentuk para calon pebisnis muda, selain itu yang tak kalah pentingnya ialah pada harganya yang murah dan mudah didapat dan dikreasikan sehingga sangat ideal untuk menjadi bahan baku suatu ide bisnis kreatif yang jarang ada.

Baca ini juga:  Bisnis Apa yang Menjanjikan di Tahun 2019?

 

Adapun kekurangan yang utama dari bahan baku batang rotan itu para calon pebisnis muda, ialah karena mudahnya batang rotan tersebut terserang kutu bubuk yang sering disebut dengan nama kutu pin hole, namun hal tersebut dapat diatasi dengan proses pengawetan batang rotan secara tepat dan cermat., sehingga produk kerajinan rotan yang akan para calon pebisnis muda hasilkan dapat bertahan dengan lebih lama dan awet, dan berdaya pakai lebih lama jangka waktunya.

 

Kisaran Harga Produk Kerajinan Rotan

Nah mengenai harga dari produk kerajinan dari batang rotan ini sangat bervariasi, sangat tergantung pada kualitas produk kerajinannya, dan juga ukuran dan beratnya juga. Semakin tinggi kualitas produknya makan akan semakin mahal harganya. Juga semakin unik dan kreatif desain serta semakin eksklusif produknya maka akan semakin mahal dan bisa tinggi harganya.

 

Harga produk kerajinan rotan tersebut bahkan bisa mencapai range harga mulai dari dua puluh lima ribu Rupiah per buah hingga ratusan juta per buahnya, bandingkan dengan harga bahan bakunya, jadi sangat tergantung pada kreativitas para calon pebisnis muda dalam mengolahnya.

 

Pasar Kerajinan Rotan

Industri kerajinan rotan ini banyak yang berlokasi di Cirebon dan Banjarmasin.

Adapun pasarnya sangat terbuka lebar untuk pasaran ekspor, dan nilai transaksinya pun cukup besar. Terutama untuk pasar ekspor kerajinan rotan ke negara Jepang yang sangat meminati lampit dari rotan.

 

Pasar Eropa juga tak kalah besarnya, dengan pasokan selama ini berupa aneka mebel dan perabotan rumah tangga, seperti kursi, meja, cermin, rak buku, aneka wadah dan lain sebagainya yang terbuat dari hasil kerajinan rotan. Belum lagi pasar ekspor ke Amerika Serikat dan Kanada yang belum sempat ditekuni, akan sangat berpeluang besar juga, terutama untuk minat jenis mebel dari rotan dan juga aneka tas dan produk mode yang terbuat dari kerajinan rotan yang sangat unik.

Baca ini juga:  Peluang Bisnis Jajanan, Franchise Jajanan Tahu Pedas Jeletot Taisi Dengan Omset Belasan Juta

 

Yang tak bisa diabaikan dan dilupakan juga adalah potensi pasar dalam negeri juga, yang bisa dijangkau baik dengan pemasaran secara offline maupun pemasaran secara online.

 

Prospek Bisnis Rotan

Bisnis kerajinan rotan ini sangat menjanjikan, cukup dengan modal awal di bawah sepuluh juta dalam jangka waktu empat tahun maka sudah dapat kembali berlipat hingga mencapai delapan kali lipatnya, tergantung pada kreativitas para calon pebisnis muda dalam mengolah rotannya menjadi bentuk kerajinan yang unik serta bisa diminati pasar, serta ketekunan para calon pebisnis muda dalam upaya pemasarannya.

 

Pasar ekspor ke negara Jepang dan negara-negara Eropa juga Amerika dan Kanada masih sangat terbuka lebar, demikian pula dengan pasar dalam negeri Indonesia sendiri, baik itu pemasarannya yang secara offline maupun yang secara online.

 

Demikianlah para calon pebisnis muda, bahasan kita kali ini mengenai ide bisnis kreatif yang jarang ada, khususnya bisnis dibidang kerajinan rotan, semoga dapat menjadi inspirasi dan tambahan wawasan para calon pebisnis muda semua


Sudah Baca Artikel ini?

Iklan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.