Berpotensi Laris Manis, Inilah 9 Ide Bisnis Makanan Kreatif dan Inovatif

3 min read

makanan kreatif dan inovatif

 

makanan kreatif dan inovatif

Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang usaha yang diprediksi mempunyai prospek bagus di masyarakat. Akan tetapi, hanya bisnis kuliner yang memenuhi persyaratan tertentulah yang bisa menghasilkan profit dan disukai masyarakat. Persyaratan yang pertama adalah menyangkut soal rasa. Masyarakat tentu saja menyukai makanan dengan rasa yang lezat.

 

Kemudian, masyarakat juga menyukai makanan kreatif dan inovatif. Ini artinya jenis makanan yang Anda tawarkan berbeda dari jenis lainnya. Dengan demikian, daya tarik makanan yang Anda jual akan semakin meningkat di mata masyarakat. Berikut adalah beberapa opsi bisnis kuliner kreatif dan inovatif yang bisa Anda pilih.

 

Ice Cube Fruit

Salah satu peluang usaha di bidang kuliner yang bisa Anda coba adalah berjualan ice cube fruit. Ide usaha kuliner yang satu ini memang terbilang cukup unik. Sekilas ice cube fruit memang tidak jauh berbeda dengan es buah. Hal ini dikarenakan keduanya menggunakan bahan yang sama seperti buah-buahan, es batu dan juga sirup.

 

Namun, ada perbedaan diantara keduanya yaitu dari segi proses pembuatannya. Cara membuat ice cube fruit cukup simple, dimana Anda dapat langsung memasukkan buah ke cetakan es lalu taruh di freezer. Jenis buah yang bisa digunakan sebagai bahan baku adalah blueberry, semangka, strawberry, anggur dan jeruk. Apabila buah sudah membeku bersama es batu, maka Anda dapat memasukannya ke dalam air yang berisi sirup.

 

Biskuit sabun

Jenis bisnis kuliner yang satu ini mungkin bisa menjadi opsi untuk Anda tekuni. Biskuit sabun merupakan makanan yang unik karena dalam penyajiannya terdapat busa layaknya sabun mandi atau cuci. Akan tetapi, keunikannya inilah yang membuat bisnis biskuit sabun diprediksi akan laris manis. Agar kuliner yang ditawarkan semakin variatif, Anda bisa mengolah biskuit ke bentuk pasta gigi, sikat gigi, lipstik, bedak bayi dsb.

Baca ini juga:  8 Peluang Usaha yang wajib anda Coba

 

Cangkir biskuit

Keberadaan bisnis kedai kopi di Indonesia memang sudah cukup menjamur. Jadi, apabila Anda ingin mulai berbisnis warung kopi sebaiknya lakukanlah inovasi. Salah satu wujud inovasi yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan biskuit sebagai cangkir kopi. Sebenarnya, metode ini sudah banyak diterapkan oleh pengusaha kedai kopi di luar negeri.

 

Akan tetapi, khusus di Indonesia belum banyak kedai kopi yang menerapkan cara ini. Ide kreatif ini secara tidak langsung juga akan berdampak positif terhadap bisnis yang Anda jalankan. Diantaranya adalah dapat menghemat biaya variabel untuk membeli cangkir maupun gelas plastik. Hal ini dikarenakan kedua komponen tersebut telah tergantikan dengan biskuit yang bisa dikonsumsi setelah kopi habis.

 

Donat spaghetti

Satu lagi ide makanan kreatif dan inovatif yang layak Anda coba adalah donat spaghetti. Kuliner ini telh viral di berbagai negara termasuk Amerika Serikat. Donat spaghetti juga populer dengan nama lain pop pasta. Secara umum, proses pembuatan donat spaghetti ini relatif simple, dimana Anda hanya perlu mencampurkan pasta dengan telur lalu digoreng.

 

Rasa dari makanan ini tentu saja tidak manis seperti donat pada umumnya, namun cenderung gurih layaknya spaghetti. Saat ini, seiring dengan berjalannya waktu donat spaghetti telah memiliki beragam varian rasa. Diantaranya adalah kombinasi minyak zaitun dan bawang putih, carbonara (telur, keju, daging) serta bolognese (tomat, daging sapi).

 

 

 

Burger nasi

Berjualan burger nasi merupakan peluang usaha yang cukup prospek untuk dijalankan. Berbeda dengan jenis burger pada umumnya yang menggunakan roti, sandwich ini justru memakai nasi sebagai pelapisnya. Namun, untuk isinya sendiri tidak jauh berbeda dengan burger pada umumnya. Bahan-bahan seperti beef, tomat, selada, keju, bawang bombay, saus serta mayonaise masih digunakan sebagai isi.

Baca ini juga:  Belajar Cara Mudah Import Produk dari China

 

Selain menggunakan bahan tersebut, Anda juga bisa mengkreasikan isi burger nasi dengan bahan lainnya. Bahan tersebut misalnya adalah telur, daging ayam, tempe dll. Semakin bervariasinya menu yang Anda tawarkan, maka pelanggan juga akan makin senang. Dengan demikian, mereka bisa memilih menu burger nasi dengan pilihan isi sesuai selera masing-masing.


 

Tempe cokelat

Selama ini, Anda hanya mengenal tempe sebagai bagian dari lauk pauk yang sering dihidangkan. Rasa yang dihadirkan oleh tempe jenis ini pun cenderung asin. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini tempe juga bisa digunakan sebagai camilan? Penggunaan tempe untuk camilan tentu harus dikombinasikan dengan bahan lain yaitu cokelat.

 

Mengapa harus cokelat? Ini dikarenakan cokelat memiliki rasa yang manis. Selain itu, rasa cokelat juga disukai oleh banyak orang. Perpaduan antara manisnya cokelat dan gurihnya tempe tentu akan menghasilkan rasa yang unik. Camilan dengan rasa unik biasanya banyak diminati oleh konsumen khususnya di Indonesia. Jadi, dapat dikatakan bahwa peluang bisnis tempe cokelat sebenarnya cukup menjanjikan.

 

Abon duri ikan

Jika Anda jeli dalam membaca peluang usaha, maka bisnis makanan kreatif dan inovatif berupa abon duri ikan tentu layak dicoba. Mungkin, tidak banyak yang mengetahui bahwa duri ikan ternyata bisa dikonsumsi. Salah satu olahan kuliner dengan bahan dasar duri ikan adalah abon. Jenis duri ikan yang digunakan untuk abon bisa berasal dari Bandeng dan Lele.

 

Cara pengolahan duri ikan menjadi abon dapat dilakukan dengan mempresto tulangnya. Setelah mulai terasa lunak, maka itu tandanya duri ikan sudah bisa dikonsumsi. Namun, agar tetap higienis sebelum dibuat abon duri ikan sebaiknya dicuci terlebih dahulu hingga bersih. Dengan demikian, duri ikan terbebas dari jamur dan juga bakteri.

 

Keripik kulit semangka

Tak banyak yang tahu bahwa kulit semangka bisa dimanfaatkan untuk membuat olahan yang kreatif, inovatif dan juga lezat. Ya, kulit semangka sekarang bisa Anda gunakan sebagai bahan baku pembuatan keripik. Teknik pembuatan keripik semangka sangatlah mudah untuk Anda terapkan. Pertama, ambil bagian kulit dan daging semangka seperlunya.

Baca ini juga:  Jualan Dengan Modal Kecil

 

Kemudian, jemurlah kedua bagian tersebut hingga kadar air di dalamnya berkurang. Setelah dirasa cukup kering, maka Anda bisa memasukkan ke penggorengan. Berikutnya, apabila minyak sudah panas, maka mulailah menggoreng kulit dan daging semangka tersebut. Jika Anda menginginkan sensasi crispy saat menyantapnya, maka bisa menggunakan vacuum frying saat menggoreng.

 

Rambutan goreng

Menjalankan bisnis kuliner khas Jambi yang satu ini memang cukup prospek. Disamping unik, kelezatan cita rasanya juga tidak perlu diragukan lagi selama diolah di tangan yang tepat. Proses pembuatan rambutan goreng sebetulnya cukup sederhana. Pertama, Anda harus memisahkan antara daging, biji dan kulit rambutan.

 

Kedua, jemur daging rambutan tersebut hingga benar-benar mengering. Ketiga, tambahkan berbagai adonan seperti tepung terigu, garam, air, vanili dan telur. Terakhir, goreng adonan daging rambutan tersebut dengan menggunakan minyak panas. Setelah warnanya berubah menjadi kekuningan, maka angkatlah daging rambutan tersebut dari penggorengan.

 

Keterampilan mengolah makanan merupakan modal penting yang harus dimiliki dalam berbisnis kuliner. Akan tetapi, kreativitas dan inovasi ternyata juga memegang peranan yang penting dalam usaha makanan. Oleh sebab itu, ketika Anda mampu menciptakan makanan kreatif dan inovatif ditambah rasanya lezat, maka konsumen akan datang dengan sendirinya. Dengan demikian, bisnis yang Anda rintis ini berpotensi terus survive.

 


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!