Kiat Mencari Peluang Usaha Baru di Tahun 2019

Mencari peluang usaha baru

Mencari peluang usaha baru dari tahun ke tahun tidak akan sulit jika Anda sedikit lebih peka terhadap apa yang terjadi di sekitar. Zaman berubah setiap beberapa dekade. Dapat dikatakan bahwa sekarang merupakan zaman milenial. Zaman dimana teknologi berkembang pesat, pengetahuan tentang informasi semakin maju, dan penggunaannya hampir di seluruh lapisan masyarakat. Anak milenial pasti tahu bagaimana mencari celah untuk membuka usaha baru di tahun 2019.

Kita pantas bersyukur karena hidup di era serba mudah. Sekarang saatnya menerima serta memanfaatkan semua kelebihan yang sudah ada di masa kini. Salah satunya adalah teknologi. Dengan itu, usaha yang kalian lakukan akan lebih mudah dipromosikan atau diperkenalkan pada orang lain. Lalu tunjukkan potensi, bakat, skill yang ada pada dirimu melalui sebuah karya. Jika hal tersebut dilakukan secara kontinu / terus menerus, proyek Anda pun pasti akan mulai dikenal di antara para netizen. Berikut merupakan kiat-kiat untuk menemukan peluang usaha baru di tahun 2019.

5 Tips Mencari Peluang Usaha Baru

Gali Potensimu dan Belajarlah Sesuatu yang Baru

Belajar sesuatu yang berbeda sangat menyenangkan untuk dilakukan. Jangan takut mencoba. Bila kalian suka makan dan senang mencicipi aneka makanan, mulai sekarang belajarlah memasak. Makan bukanlah hal baru, tapi memasak akan menjadi tantangan baru. Tak jago masak bukanlah halangan. Justru kalian bisa memanfaatkan proses belajarmu hanya dengan sebuah kamera.

Keterampilan merajut atau menyulam bisa jadi alternatif lain dalam menggali potensi. Dengan seni rajut, sebuah benang diubah menjadi barang berguna, seperti syal, sweater, selimut, sarung tangan, bros, dan lain sebagainya. Teknik sulam mengubah barang polos biasa jadi lebih indah dipandang. Sebut saja sebuah kain polos bisa menjadi taplak meja. Mukena tanpa sentuhan apapun terlihat bernilai dan berharga dengan sulaman yang rapi. Contoh lain adalah payung hias. Payung hias membutuhkan sulaman agar wujudnya lebih berkelas.

Baca ini juga:  50 Daftar Usaha Waralaba Franchise Modal Ringan

Bakat itu harus diasah. Percuma kalau punya bakat namun tak pernah dipakai untuk tujuan yang jelas. Mencari peluang usaha baru dengan menggali potensi justru akan menjadi kelebihan tersendiri karena otomatis menaikkan harga diri kalian. Ini baru tahap awal. Selanjutnya dijelaskan di bawah.

Manfaatkan Keterampilanmu sebagai Peluang Usaha

Setelah menemukan potensi diri, entah itu memasak, merajut, menyulam, bernyanyi, melukis, kosmetik reviewer, dan sebagainya, cobalah untuk mempergunakan ketrampilanmu secara baik. Buatlah karya sebanyak banyaknya. Hindari karya monoton. Pikirkan sesuatu out of the box agar menarik perhatian orang banyak. Orang-orang inilah yang kan menjadi pelanggan. Pekalah terhadap lingkungan sekitar, sebab itu mungkin akan mempengaruhi masa depan usahamu.

Pepatah mengatakan “usaha keras tak akan mengkhianati”. Apa pun yang kalian lakukan tidak akan sia-sia jika bersungguh-sungguh. Skill sangat dibutuhkan dimana pun, kapanpun. Semua pekerjaan membutuhkan skill. Apalagi jika Anda mempunyai skil di atas rata-rata, maka pekerjaan lah yang akan mencari Anda. Terkadang seseorang bingung akan bakatnya sendiri disebabkan kurangnya pengalaman. Hidup memerlukan pahit dan manis supaya mengenal diri sendiri. Begitu pun bakat perlu digali agar potensi terpendam di dalam dirimu keluar.

Pergunakan Sosial Media dan Teknologi dengan Bijak

Pengembangan bakat dan potensi pastinya dapat meminimalisir kegagalan. Setelah menemukan, memanfaatkan, dan mengembangkan potensi, saatnya mempromosikan karyamu melalui teknologi dan sosial media. Sosmed mendekatkan yang jauh serta menduniakan produk kita pada konsumen. Kalau zaman dahulu promosi membutuhkan biaya mahal, era milenial memudahkan serta meminimalkan budget promo. Jangkauannya pun lebih luas.

Ada banyak pilihan aplikasi sosmed untuk memperluas jaringan. Semakin lebar jaringan, semakin tinggi kemungkinan hasil cipta, rasa, karsa kalian untuk dikenal. Sosial media facebook, instagram, dan twitter merupakan sasaran empuk para pengusaha. Sebab via inilah target konsumen mereka berkumpul. Dari kalangan muda sampai tua berkutat di sana setiap harinya. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan sosial media terutama Anda calon pengusaha.

Baca ini juga:  5 Alasan Anda Harus Cari Usaha Sampingan Selain Bekerja di Kantor

Kiat mencari peluang usaha baru dengan aplikasi youtube mendapat perhatian tersendiri karena sesuai dengan era milenial. Aplikasi tersebut memuat video konten berdurasi lama. Bahkan bisa lebih lama dari instagram atau twitter. Orang yang mengupload video di youtube disebut Youtuber. Mereka punya variasi konten tersendiri. Misal, musisi atau penyanyi akan menciptakan content seputar dunia musik. Contohnya membuat reaksi lagu baru / MV terbaru, cover lagu, dan menciptakan musik video. Youtuber berprofesi vlogger menghasilkan video konten saat makan, jalan-jalan, mukbang. Jika tertarik dengan beauty hacks, buat video seperti make up tutorial, review kosmetik, dan tips perawatan.

Lakukan Semuanya secara Kontinu

Kontinuitas merupakan hal penting. Lakukan kiat di atas secara terus menerus. Tentu saja semuanya mempunyai pengaruh. Probabilitas mendapat keuntungan di awal karir bisa jadi kecil, namun bila usaha tersebut dijalankan terus menerus pasti akan ada hasil. Jangan puas atas hasil sementara. Kontinuitas membutuhkan ketekunan. Kerja keras pantang menyerah adalah kunci menuju kesuksesan.

Pasti akan ada up and down. Itulah grafik yang tak bisa dihindari. Gagal coba lagi, jatuh maka harus bangun. Bila berhasil, itu hadiah. Tanpa kerja keras maupun ketekunan, rezeki tak akan mengalir di telapak tanganmu. Melakukan tips tersebut di atas, seperti menggali potensi / bakat, memanfaatkannya sebagai peluang usaha, serta menggunakan teknologi dengan baik ialah rekomendasi bagi kalian.

Kembangkan Usahamu

Jangan merasa puas atas hasil yang sudah ada saat ini. Mengembangkan usaha sangat krusial untuk dijalankan. Karena suatu saat pasti banyak usahawan lain yang melakukan seperti sekarang kamu lakukan. Agar usahamu tidak stag di satu titik, pikirkan sebuah ide unik, kreatif, dan menarik. Menemukan celah memang susah susah gampang, namun bila celah itu dipergunakan sebaik mungkin pasti keuntungan mendatangi Anda.

Baca ini juga:  Peluang Buka Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Misalkan, usaha di bidang kuliner. Produksi dan konsumsi harus sejalan. Kalau produksinya banyak, tapi konsumsi atau penjualan kecil, jatuhnya rugi. Makanya dibutuhkan variasi dari segi makanan sehingga pembeli tertarik mencicipi dagangan mereka. Seperti memproduksi makanan khas daerah, cemilan pasar, kue atau jajanan luar negeri, dan lain sebagainya. Beda halnya jika penjual menghasilkan produk monoton, pembeli akan bosan. Pelanggan satu persatu pergi. Maka usahamu belum berhasil. Untuk itu, dibutuhkan kreativitas agar usaha berprospek. Melakukan inovasi kemasan juga penting. Semakin bagus kemasan, peminat akan berdatangan.

Selain contoh tersebut, mengembangkan usaha dengan memperluas pasar juga perlu. Jadi, tidak hanya satu lokasi saja, tetapi juga membuka cabang di tempat lain. Apabila dapat menambah cabang, 1 per satu daerah dikuasai, itulah jalan kesuksesan mulai terbuka lebar.  Label dagang atau nama brand dibuat menarik. Sebuah nama dapat menentukan takdir Anda. Pemilihan nama yang baik, plus punya value tertentu wajib diutamakan. Memilih label mempengaruhi statistik penjualan. Kiat-kiat di atas ialah rekomendasi terbaik tahun 2019 dalam mencari peluang usaha baru.


Sudah Baca Artikel ini?

Iklan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.