Beberapa Hal yang Wajib Diketahui Tentang Peluang Usaha Industri Kreatif

3 min read

Peluang usaha industri kreatif

Peluang usaha industri kreatif

Peluang usaha industri kreatif sedang gencar-gencarnya diminati oleh berbagai kalangan. Beberapa tahun belakangan, industri kreatif Indonesia sudah mengalami peningkatan. Dari yang muda sampai tua tertarik untuk melakukan jenis usaha ini. Terutama anak muda bahkan masih sekolah pun berani memulai bidang usaha kreatif yang notabene membutuhkan ide dan modal cukup. Segalanya lebih dimudahkan dengan kekuatan sosial media. Keberadaan sosial media memang berpengaruh besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Walaupun selama ini banyak orang beranggapan bahwa sosmed memiliki pengaruh negatif, tapi tak bisa dipungkiri aplikasi ini juga membawa pengaruh positif.

Ada berbagai jenis usaha tak terbatas jika tertarik dengan bidang ini. Diperlukan ide menarik dan unik, demi mendatangkan konsumen yang tidak terbatas pula. Dengan adanya industri ekonomi kreatif di Indonesia, dapat membantu menaikkan pendapatan per kapita. Diharapkan industri ini semakin maju ke depannya di tengah-tengah persaingan pasar global. Berikut merupakan macam pekerjaan di industri ekonomi kreatif.

Peluang Usaha Industri Kreatif di Bidang Kuliner

Industri kreatif dapat dikatakan sebagai kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan menciptakan sesuatu atau menggunakan pengetahuan informasi. Ada banyak usaha yang bisa dicapai di bidang ini, salah satunya kuliner. Usaha kuliner adalah salah satu peluang terbesar di industri kreatif. Jika kita lihat di pinggir jalan, tak hanya satu atau dua tempat resto, warung makan, cemilan, namun ada belasan bahkan puluhan dalam satu lokasi. Fenomena tersebut menunjukkan adanya produksi besar di bidang kuliner.

Tak cuma produksi yang besar, konsumsi masyarakat pun juga besar. Hal ini terjadi mungkin karena para produsen menciptakan jenis makanan dengan variasi berbeda dan menyebabkan konsumen tertarik mencicipi produk mereka. Beda halnya bila mereka menghasilkan barang yang sama, maka pembeli pun akan bosan dan membeli hanya di satu tempat. Pendapatan pun tidak merata. Secara keseluruhan industri kreatif tidak berhasil. Maka dari itu dibutuhkan ide cemerlang dari setiap pengusaha agar peluang usaha industri kreatif ini lebih menjanjikan ke depannya.

Baca ini juga:  Inilah 8 Inspirasi Usaha Rumahan Yang Bisa Anda Coba di Tahun 2019

Beberapa contoh dari peluang usaha industri kreatif di bidang kuliner diantaranya, memproduksi makanan atau cemilan khas daerah, jajanan pasar, kue, atau membuat varian makanan sendiri. Bukan hanya hasil kuliner atau makanannya yang harus diperhatikan, tetapi juga nama atau label dagang. Label dagang sebisa mungkin dibuat menarik minat konsumen. Nama unik dan jarang terdengar bisa jadi value tersendiri di telinga pembeli. Memilih label dagang juga mempengaruhi penjualan.

Peluang Industri Kreatif di Bidang Fashion

Fashion merupakan salah satu usaha yang tak pernah mati. Meskipun tahun berubah, zaman sudah tak sama, industri fashion menjadi akan terus ada dan berkembang setiap saat. Kebutuhan masyarakat akan pakaian sudah tidak seperti dulu. Sekarang, berpakaian modis dan fashionable adalah sebuah keharusan. Perancang busana mendapatkan inspirasinya dari fenomena ini. Hal-hal yang terjadi di seluruh dunia menjadikan desainer memperoleh banyak inisiatif untuk menciptakan busana sesuai dengan keinginan konsumen.

For your information, tren fashion bisa berulang. Maksudnya adalah trend pada masa lampau bisa jadi tren kembali di masa sekarang atau yang akan datang. Itu disebabkan berubahnya selera masyarakat. Desainer berasal dari Indonesia tak terhitung banyaknya. Bahkan sekarang ada desainer cilik yang sudah memulai karirnya di kancah internasional. Jadi, usaha di bidang fashion pantas diperhitungkan sebagai peluang usaha industri kreatif yang tidak lekang waktu.

Kopi, Industri Kreatif yang Menjanjikan?

Indonesia mempunyai biji kopi terbaik dunia. Namun, bukan berarti usaha kopi di Indonesia memiliki daya saing tinggi. Kita boleh bangga karena permintaan kopi dari negara kita terus meningkat. Agustus 2012 berdasarkan ICO (International Coffee Organization), konsumsi kopi kurang lebih 137.9 juta karung pada tahun 2011. Satu karung memiliki berat 60 kg. Dan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca ini juga:  Waralaba Minuman Murah Red Ginger Corner yang Menghangatkan

Ironisnya, negara kita berada peringkat 3 dunia dari segi produksi. Sedangkan dari segi ekspor, kita berada peringkat 4 dunia setelah Brazil, Colombia, dan Vietnam. Indonesia masih belum memanfaatkan sepenuhnya karunia Tuhan terhadap biji kopi. Untuk itu, usaha kopi di Indonesia perlu ditingkatkan dan harapan peningkatan produksi kopi di negara kita tercinta ini masih terus ada sejalan dengan kualitas kopi di Indonesia.

Industri Kreatif Content Creator, YouTuber

Sumber daya alam mentah bukan lagi satu satunya tempat bergantung bagi ekonomi. Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf menyebutkan ekonomi kreatif berkontribusi dalam PDB (pendapatan domestik bruto) sekitar 7.38 persen. Banyak sekali jenis usaha ekonomi kreatif. Nah, profesi apa saja yang dapat ditekuni di bidang ini?

Apabila dilihat lebih dalam, tentu saja profesi yang lebih banyak dilakukan anak muda ini mempunyai prospek ke depan. Penghasilan atau pendapatan mereka cukup, lumayan, bahkan sampai terlampau tinggi. Penggunaan teknologi informasi yang baik memang sangat berperan di sini. Profesinya dapat disebut sebagai content creator dan youtuber. Kedua profesi ini membutuhkan kreatifitas dan ide unik, karena penghasilan mereka peroleh tergantung pada pengunjung. Maka dari itu, ide kreatif dibutuhkan demi menarik pendatang.

Youtuber pun punya variasi content tersendiri. Content tersebut berbeda dengan youtuber lain. Misal, penyanyi atau musisi, dia akan membuat konten seputar dunia musik. Seperti cover lagu, membuat reaksi tentang lagu terbaru / MV baru, dan menciptakan video musik. Youtuber dengan profesi vlogger, bisa menghasilkan video content pada saat dia makan, mukbang, jalan-jalan. Jika kalian tertarik dengan kecantikan, buatlah video seperti tutorial make up, tips perawatan, dan review kosmetik.

Industri Kreatif : Produksi Aksesoris

Baca ini juga:  5 Bisnis Makanan Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Aksesoris adalah jenis barang yang mainstream disukai banyak orang. Aksesoris bisa dijadikan sebagai hadiah, suvenir, buah tangan, atau disimpan sendiri sebagai koleksi. Dengan ukuran kecil, tidak terlalu besar, dapat disimpan di mana pun, bisa dibawa ke mana mana merupakan ciri dari produk aksesori.

Anda tak perlu bingung aksesoris apa yang bisa dibuat. Jenis aksesori sangat beragam, contohnya bros, gelang, jepitan rambut, gantungan kunci, hiasan kamar, dan lain sebagainya. Untuk membuatnya pun mudah. Bahannya bisa didapat toko terdekat. Dari bahan utama paling sederhana, yaitu kain flanel, benang wol, dan pernak pernik sebagai tambahan.

Bagi kalian yang tertarik dengan seni rajut, ini sangat direkomendasikan. Hanya membutuhkan benang wol dan jarum rajut, kalian dapat memproduksi berbagai jenis barang untuk dijual. Jangan takut mencoba karena alasan tidak bisa atau sangat sulit. Pergilah ke toko buku, dan kalian akan mendapatkan buku bertajuk seni merajut atau cara membuat aksesoris tertentu. Pastinya sangat menyenangkan belajar sesuatu yang baru. Selain dapat menambah keterampilan, juga bisa menambah penghasilan. Benar? Lebih baik mencoba tapi gagal dari pada tidak mencoba dan tak memperoleh apapun. Peluang usaha industri kreatif memang menjanjikan dan menyenangkan untuk dicoba.

 

 


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!