Peluang Usaha Kreatif Dengan Modal Kecil Namun Menjanjikan

usaha kreatif dengan modal kecil inovatif

Tahukah anda bahwa dewasa ini usaha kreatif dengan modal kecil tidak dapat dipandang sebelah mata? Jenis usaha yang tergolong pada Usaha Kecil Menengah (UKM) ini memiliki peran yang cukup besar dalam menggerakkan perekonomian negara. Selama 6 tahun terakhir, kementerian mencatat kontribusi UKM mengalami peningkatan terhadap produk domestik bruto. Tidak hanya berperan sebagai penggerak perekonomian negara, usaha kecil kreatif juga memiliki peran dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran yang terjadi di Indonesia.

Kebanyakan orang ingin memiliki usaha sendiri, namun hanya sedikit orang yang berani untuk memulai atau membuka usaha mereka sendiri. Beberapa alasan yang menjadikan mereka enggan untuk memulai usaha adalah kendala modal. Masyarakat Indonesia masih banyak yang memiliki stereotip bahwa untuk memulai suatu usaha memerlukan modal yang besar. Tanpa adanya modal yang kuat suatu usaha tidak akan bertahan lama dan segera bangkrut atau gulung tikar. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit usaha yang bermodalkan kecil dengan keuntungan yang besar dan menjanjikan. Selain itu, apabila anda tidak memiliki modal sama sekali, pemerintah memiliki beberapa program pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Tips Dalam Membuka Usaha Bermodal Kecil

Hal yang paling dasar dan utama dalam memulai usaha adalah persiapkan tekad dan mental anda. Mantapkan hati anda sebelum memutuskan untuk membuka usaha dan persiapkan mental anda pada kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Naik dan turun dalam dunia bisnis merupakan hal yang lumrah. Ketika hal ini terjadi, jangan sampai anda berkecil hati dan memutuskan untuk berhenti. Bisa saja hal ini merupakan titik yang akan mendorong anda untuk sukses.

Kedua, tentukan jenis usaha yang akan dilakukan. Membuka usaha kreatif dengan modal kecil pada hakikatnya tidak membutuhkan modal yang banyak, cukup dengan mengandalkan kemampuan dan kreativitas yang anda miliki. Carilah ide usaha yang lekat dengan hal yang anda sukai karena dengan menjalani sesuatu yang sesuai dengan minat akan pekerjaan lebih mudah bahkan pada situasi sulit sekalipun. Suatu produk bisnis biasanya akan diterima masyarakat ketika produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat luas. Setelah menentukan jenis usaha yang akan dilakukan selanjutnya buatlah rencana usaha yang memuat visi dan misi dari bisnis anda. Hal ini dilakukan untuk membuat usaha yang anda jalankan fokus pada tujuan utama.

Baca ini juga:  Yuk Tambah Penghasilan dengan Inspirasi Usaha Sampingan

Ketiga, tentukan target pasar. Riset ini meliputi peluang usaha yang paling dibutuhkan masyarakat, tingkat persaingan bisnis, dan pangsa pasar. Dengan melakukan riset pasar, anda akan mendapatkan referensi jenis usaha dan cara pengelolaanya agar usaha yang anda jalankan dapat bertahan dalam persaingan. Selain itu, anda juga bisa mengetahui strategi pemasaran produk yang seperti apa untuk menarik konsumen.

Keempat, kalkulasi modal dan pengelolaan keuangan yang baik. Semua biaya yang dikeluarkan pada saat memulai usaha digolongkan sebagai modal usaha. Dalam hal ini, anda harus teliti dan jangan sampai ada unsur pendukung lainnya yang luput dari penghitungan, seperti biaya transportasi dan biaya pemasaran. Salah satu hal yang menjadi kendala bagi usaha kecil menengah adalah pengelolaan keuangan. Seringkali uang usaha dipakai untuk kebutuhan pribadi sehari-hari. Lakukanlah sistem akunting untuk mengelola anggaran, menentukan harga, menentukan biaya operasional, dan menghitung laba. Dengan melakukan pencatatan keuangan ini, anda akan lebih mudah dalam mengelola keuangan bisnis.

Peluang Usaha Kreatif dengan Modal Kecil

Beberapa peluang usaha yang dapat anda coba dengan modal usaha kecil namun menarik diantaranya adalah:

  1. Jualan Online

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia dapat dikatakan sudah menjamur. Mudah dan praktis menjadi salah satu alasan bisnis ini tumbuh subur. Bisnis online tidak memerlukan tempat permanen karena transaksi dilakukan melalui internet secara online. Hal ini berbeda dengan model bisnis biasa yang memerlukan tempat untuk transaksi jual beli, dimana tentunya memerlukan biaya sewa lebih besar. Keuntungan dari usaha online ini juga memiliki waktu yang lebih fleksibel. Anda dapat menjalankan usaha anda selama 24 jam tanpa adanya batasan waktu dan lokasi, seperti di sela-sela waktu istirahat kantor ataupun kuliah. Selain itu, jangkauan pasar dari usaha online pun sangatlah luas. Seluruh orang di Indonesia bahkan di dunia dapat mengakses dan melakukan transaksi terhadap produk anda. Hal ini tentunya menjadikan kesempatan anda dalam menjual produk lebih banyak.

Baca ini juga:  5 Hal Penting Untuk Membuka Peluang Usaha Franchise di Luar Kota Besar

Ketika anda tidak memiliki produk sendiri namun berkeinginan untuk memiliki usaha, maka anda dapat melakukan bisnis sebagai reseller atau dropshipper. Secara sederhana, reseller merupakan orang yang menjual produk orang lain. Biasanya, penjual akan memberikan harga yang relatif lebih murah atau diskon kepada reseller sehingga reseller dapat mengambil margin dari harga yang dijualnya. Dalam hal ini, keuntungan anda sebagai reseller atau dropshipper adalah anda tidak perlu menyiapkan modal yang banyak. Anda hanya perlu melakukan perjanjian dengan penjual terkait margin harga. Sangat simpel bukan?

  1. Usaha Katering

Bagi anda yang pandai dan hobi memasak, usaha catering merupakan salah satu peluang anda untuk memulai usaha kreatif dengan modal kecil. Walaupun usaha ini memakan waktu banyak, dimana anda harus bangun pagi untuk membeli bahan masakan, memasak, mengantarnya ke tempat tujuan, dan mencuci peralatan masak namun usaha ini patut untuk dicoba karena jasa katering tidak lekang oleh waktu dan terus tumbuh sesuai dengan perkembangan dunia kuliner. Modal yang diperlukan untuk memulai usaha catering dapat dikatakan tidak banyak. Anda hanya perlu menyiapkan kompor, gas, bahan masakan, alat penanak nasi, dan kotak makanan. Pilihlah jenis pasar yang tidak terlalu jauh dari lingkungan anda agar dapat menghemat uang transportasi. Jasa katering biasanya sangat dibutuhkan oleh karyawan perusahaan, keluarga yang tidak memiliki waktu untuk memasak makanan sehari-hari, dan beberapa sekolah yang menyediakan fasilitas makan siang untuk para muridnya.

Hal utama dalam bisnis katering adalah kecocokan cita rasa masakan dengan lidah masyarakat sekitar. Oleh karena itu, terbuka lah dalam menerima kritik ataupun nasihat terkait dengan cita rasa masakan anda. Selain itu, tips untuk menjalankan usaha katering agar tidak berhenti adalah dengan terus melakukan kreasi dan inovasi. Buatlah presentasi masakan anda sebagus mungkin agar konsumen tertarik untuk membeli. Terkadang anda juga perlu memadukan cita rasa tradisional dan internasional untuk menciptakan cita rasa yang unik. Variasi makanan akan menarik lebih banyak pembeli.

  1. Bisnis Produk Daur Ulang
Baca ini juga:  Usaha yang Modalnya Kecil, Cuma Modal Dengkul

Bagi anda yang memiliki tangan terampil sangat cocok untuk memulai bisnis produk daur ulang. Prinsip ramah lingkungan dan kampanye Go Green banyak dicanangkan oleh pemerintah dalam mendukung kelestarian lingkungan hidup. Anda dapat mengambil peluang ini sebagai usaha untuk mendukung kelestarian lingkungan. Modal yang anda perlukan dalam bisnis ini pun dapat dikatakan kecil karena bahan baku yang anda perlukan berasal dari limbah dan bahan pendukung pun kebanyakan dapat dibeli secara grosir dengan harga yang relatif murah. Pemasaran akan produk daur ulang dapat anda lakukan dengan secara online sehingga lebih fleksibel dan praktis.

  1. Usaha Musiman

Usaha ini bersifat sementara dan hanya berlangsung pada acara-acara tertentu. Walaupun tidak berlangsung lama namun usaha ini memiliki peminat atau pasar yang signifikan ketika momen perayaan sedang berlangsung. Beberapa usaha musiman yang dapat dilakukan seperti, berjualan takjil pada saat bulan puasa, berjualan kue kering khas lebaran, berjualan terompet pada saat tahun baru, dan berjualan souvenir natal pada bulan Desember.

Demikian paparan mengenai peluang usaha kreatif dengan modal kecil namun dapat memberikan keuntungan yang besar. Usaha apapun yang anda jalankan tidak bergantung pada besar kecilnya modal yang anda miliki, namun pada tekad dan kemampuan anda dalam mengelola usaha yang dijalankan.


Sudah Baca Artikel ini?

Iklan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.