Ini Syarat Penting Untuk Membuat Kartu Kredit Yang Mesti Anda Pahami

2 min read

syarat membuat kartu kredit

syarat membuat kartu kredit

Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk di berbagai macam merchant yang menerima pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu. Di mana kartu ini digunakan untuk meminjam uang dari bank untuk membayar belanja Anda, kemudian bank penerbit kartu akan menagihkannya kepada Anda yang bisa dibayar dengan cara tunai maupun cicilan. Masing-masing jenis kartu kredit memiliki limit atau batas jumlah pembayaran di mana jika limitnya sudah terpenuhi dalam bulan itu maka Anda tidak bisa menggunakan kartu sebelum tagihannya dibayar.

Memiliki kartu kredit sekilas nampak menjadi tambahan beban keuangan bagi Anda, namun pada kenyataannya jika digunakan dengan bijak kartu kredit bisa memberikan banyak manfaat yang membantu dalam memenuhi gaya hidup Anda, antara lain dengan:

  1. Pembayaran  non tunai yang praktis dan aman, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang tunai di dalam dompet
  2. Bisa digunakan sebagai alat pembayaran dalam situasi tertentu di mana Anda harus hemat uang tunai yang dimiliki
  3. Bank penerbit kartu kredit juga memberikan berbagai macam insentif terhadap pemegang kartu kredit
  4. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara cicilan untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan gaya hidup Anda.

Mengajukan permohonan kartu kredit tidak sulit kok, berikut adalah ulasan mengenai syarat membuat kartu kredit.

Syarat administratif pembuatan kartu kredit

Untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit ke bank tentunya dibutuhkan berbagai macam syarat administratif sesuai dengan ketentuan dari bank. Masing-masing bank bisa jadi memiliki syarat membuat kartu kredit yang berbeda-beda. Anda bisa mengecek sendiri apa saja syarat yang dibutuhkan dari bank yang ingin Anda miliki kartu kreditnya. Tetapi secara umum syarat administrasi pengajuan pembuatan kartu kredit adalah sebagai berikut:

  1. KTP dengan usia pemohon minimal adalah 21 tahun
  2. NPWP
  3. Bukti keterangan penghasilan, biasanya untuk bank mensyaratkan pemohon memiliki penghasilan setidaknya Rp. 3 juta per bulan
  4. Buku tabungan
Baca ini juga:  Ini Dia Cara Membuat Kartu Kredit Dari BRI

Bagi yang sudah pernah atau sedang memiliki kartu kredit bisa melampirkan tagihan kartu kredit selama tiga bulan terakhir saat mengajukan syarat membuat kartu kredit, Anda juga akan diminta untuk mengisi formulir yang berisi mengenai data-data pribadi. Formulir beserta dengan syarat administrasi diserahkan kepada pihak bank untuk dinilai. Memenuhi syarat-syarat yang sudah disebutkan tadi belum jaminan Anda akan mendapatkan kartu kredit langsung. Sama halnya dengan ketika Anda mengajukan permohonan kredit ke bank, bank akan melakukan penilaian yang menentukan apakah Anda layak atau tidak mendapatkan kartu kredit dari bank yang bersangkutan.

Agar permohonan kartu kredit disetujui

Ada orang yang memiliki beberapa kartu kredit di dompetnya, tapi ada juga yang sudah beberapa kali mengajukan permohonan membuat kartu kredit namun tetap ditolak karena berbagai macam alasan. Alasan bank untuk menolak pembuatan kartu kredit bukan berdasarkan jumlah penghasilan seseorang (meski memang ada standar minimumnya), bukan juga dilihat dari besar kecilnya perusahaan tempat Anda bekerja, namun dilihat dari riwayat keuangan perbankannya. Selain syarat membuat kartu kredit yang bersifat administratif di atas, syarat lain yang sebaiknya Anda penuhi jika ingin pengajuan kartu kredit dipenuhi adalah:


  1. Riwayat kredit yang bersih

Anda tentu ragu meminjamkan uang kepada orang yang dikenal tidak pernah membayar utangnya. Begitu juga dengan bank yang ragu akan memberikan kartu kredit kepada pemohon yang memiliki catatan riwayat kredit hitam. Permohonan kartu kredit yang ditolak biasanya adalah karena pemohon memiliki catatan kredit macet, kredit yang bermasalah, atau masih memiliki tanggungan kredit dalam jumlah yang besar. Bank akan melakukan pengecekan ke Bank Indonesia mengenai riwayat kredit pemohon kartu kredit sebagai bahan pertimbangan utama penerbitan kartu kredit.

  1. Penghasilan yang sesuai standar
Baca ini juga:  Ide Usaha Kreatif Inovatif Yang Sedang Trend Di Tahun 2019

Syarat membuat kartu kredit lainnya adalah pemohon harus memiliki kondisi keuangan yang cukup sehat untuk bisa membayar tagihan kartu kreditnya nanti. Makanya biasanya bank menetapkan minimal penghasilan Rp 3 juta yang dibuktikan dengan surat keterangan. Perusahaan tempat Anda bekerja juga jadi pertimbangan. Perusahaan harus memiliki status yang jelas dan legal, punya alamat dan kontak yang jelas, dan berkredibilitas.

  1. Tempat tinggal sesuai dengan KTP

Pemohon dengan alamat domisili yang sesuai dengan alamat di KTP umumnya akan lebih mudah dipercaya untuk mendapatkan kartu kredit. Alamat domisili dan KTP yang sama menjadi salah satu jaminan jika terjadi masalah pada tagihan kredit maka pihak bank bisa dengan mudah mendatangi alamat rumah pemohon. Tetapi jika alamat domisili Anda tidak sesuai dengan KTP setidaknya Anda bisa mengajukan kartu kredit ke kantor cabang bank yang ada di alamat domisili Anda.

  1. Memilih bank yang tepat

Syarat membuat kartu kredit yang juga tidak kalah pentingnya adalah pemilihan bank penerbit kartu kredit yang tepat. Anda bisa memilih bank yang menyediakan jenis kartu kredit untuk pemohon yang belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya. Sebaiknya juga memilih bank yang sama dengan tempat Anda menyimpan gaji agar bank bisa dengan mudah melihat riwayat keuangan Anda. Memiliki rekening tabungan yang cukup di bank tersebut juga menjadi nilai plus terutama bagi pemohon kartu kredit yang tidak bekerja misalnya untuk ibu rumah tangga, pensiunan, dan sebagainya.

Demikian adalah berbagai macam syarat membuat kartu kredit baik secara administratif maupun non administratif yang bisa jadi perhatian Anda ketika ingin membuat kartu kredit sendiri.


Sudah Baca Artikel ini?

Baca ini juga:  Cara Pengajuan Kartu Kredit Online Secara Cepat Dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!