Papercraft Sebagai Peluang Usaha yang Menguntungkan

3 min read

usaha apa yang menguntungkan papercraft

usaha apa yang menguntungkan papercraft

Sering kita bertanya-tanya kepada diri sendiri kapan kita bisa lepas dari rutinitas sehari-hari seperti kerja kantoran yang kerap menyita waktu? Jawabannya tentu saja harus mengajukan resign lalu membuat usaha? Terus kita bertanya lagi; usaha apa yang menguntungkan? Yang menguntungkan itu pasti modalnya besar. Padahal tidak juga. Ada juga peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil atau malah tanpa modal.

Usaha yang menguntungkan dengan modal kecil atau malah tanpa modal ini bisa kita lakukan dengan mudah alias tidak ribet. Usahanya pun bisa dari kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan atau dari hobi seperti menjual tanaman hias, ikan hias, menulis, menerjemahkan, les privat, hingga menjual makanan kekinian. Apalagi di zaman yang penuh dengan media sosial seperti sekarang memasarkan dan menjualnya pun semudah membalikkan telapak tangan.

Namun dari sekian usaha itu pernahkah terpikirkan untuk membuat usaha yang menguntungkan seperti papercraft atau kerajinan dari kertas?

Apa itu papercraft?

Papercraft atau kerajinan dari kertas adalah membuat benda fisik seperti rumah, mobil, pohon, orang, dan lain sebagainya. Papercraft itu seperti halnya origami karena sama-sama dari kertas. Akan tetapi papercraft dibuat begitu detail mendekati aslinya sedangkan origami itu abstrak.

Papercraft diketahui berasal dari Eropa pada abad ke-17. Tujuan dibuatnya papercraft selain untuk menggambarkan suatu model juga untuk menghemat bahan apalagi diketahui kertas itu adalah bahan yang mudah didapat.

Apa saja yang diperlukan untuk usaha papercraft?

Yang diperlukan dalam usaha papercraft sebenarnya cukup menyediakan laptop, kertas, dan printer. Kita cukup mencari pola-pola papercraft yang tersedia di berbagai situs penyedia papercraft seperti Canon Creative Park, paper-replika.com, Epson Creative Corner, dan perikertas.com. Perlu diingat bahwa semua situs penyedia ini merupakan situs yang gratis dan bisa kamu unduh sepuasnya pola-pola yang ada yang kamu inginkan seperti kendaraan, binatang, tumbuhan, atau robot. Atau kalau kamu malas dan segan mengunduh kamu juga bisa membeli pola papercraft di toko-toko online di Tokopedia atau Bukalapak. Namun disarankan untuk menghindari ongkos, sebaiknya kamu mengunduh saja.

Baca ini juga:  Inspirasi Usaha Rumahan Yang Bisa Kamu Mulai Di Waktu Luang

Setelah kamu unduh kamu perlu siapkan kertas. Ingat, kertas yang digunakan dalam papercraft ini sebaiknya kertas foto bukan kertas HVS biasa. Kenapa? Karena dengan kertas foto model kertas yang kamu nanti rakit dan bangun akan terlihat seperti model beneran atau disangka seperti model plastik. Selain itu, kertas foto sifatnya kuat ketika dilem alias tidak gampang lecek seperti kertas biasa.

Boleh saja menggunakan kertas biasa namun harus dengan menempelkan lagi kertas di kardus, dan kemudian dipotong sehingga akan menjadi kuat. Lalu cetaklah kertas yang sudah berisi pola-pola hasil unduhan itu dengan printer seperti Canon dan Epson yang sudah teruji kualitasnya untuk mencetak model kertas.

Langkah-langkah mengerjakan papercraft

usaha apa yang menguntungkan papercraft pikachu

  • Siapkanlah kertas yang sudah diunduh tadi kemudian siapkan gunting, penggaris, pisau cutter, lem, lidi, serta sebuah alat pengukur.
  • Setelah itu guntinglah secara perlahan pola yang sudah ada. Jika ingin terlihat rapi terutama ketika menemui bagian yang sulit digunting gunakanlah pisau cutter, dan sayatlah di atas alas pengukur.
  • Setelah semua tergunting, pilah dan lemah bagian-bagian tersebut sesuai instruksi. Gunakan lem kertas kuat seperti lem Fox untuk hasil yang terbaik. Ketika lem gunakan lidi untuk menempelkan untuk membantu sekaligus menghindari model kotor akibat tangan kita yang terkena lem.
  • Setelah semua bagian dilem, diamkanlah model selama beberapa menit barulah kemudian kita bisa pajang model itu.

Model-model Papercraft apa saja yang sebaiknya dijual?


Supaya papercraft menjadi usaha yang menguntungkan, ada baiknya juga kamu harus melihat model-model yang hendak kamu jual. Itu berarti tidak semua model bisa kamu jadikan jualan atau punya nilai jual. Model-model papercraft yang mempunyai nilai seni dan kerumitan tinggi atau replika hendaknya jangan kamu jadikan jualan mengingat peminat untuk model ini hanya sedikit atau di kalangan tertentu.

Baca ini juga:  Peluang Bisnis Waralaba Murah Ice Blended Passion of Chocolate Alias Pasco

Sebaiknya kamu menjual model yang kebanyakan merupakan tokoh-tokoh atau karakter yang disukai anak-anak atau toys seperti karakter anime, Disney, pahlawan super, atau karakter-karakter jenaka dan lucu. Juallah dengan harga yang terjangkau dari harga minimal Rp 5.000.

Bagaimana caranya menjual papercraft?

Ada banyak cara untuk menjual model kertas ini sebagai usaha yang menguntungkan

  • Pertama kamu bisa menjualnya langsung dengan memasangnya sebagai pajangan di depan rumah lalu menuliskan tulisan bahwa kamu menjual papercraft beserta harganya.
  • Kedua kamu bisa menjualnya dengan membuka lapak langsung dan terbuka di sebuah tempat yang memang untuk hal tersebut. Lapak ini biasanya diadakan tiap minggu.
  • Ketiga, kalau kamu pemalu bisa menjualnya melalui media sosial di Instagram seperti yang dilakukan akun alpha whiskey papercraft atau membuat toko online. Ketika berjualan secara online jangan lupa tampilkan deskripsinya secara lengkap dengan bahasa yang membuat orang tertarik ingin membeli
  • Keempat, promosikanlah dari mulut ke mulut ke teman, tetangga, atau keluarga, baik secara langsung atau melalui grup Messenger, Telegram, dan Whatsapp

Kapan sebaiknya saya berjualan?

Sebenarnya tidak ada batasan untuk menjual papercraft alias bisa dilakukan kapan saja. Namun ada baiknya kamu menjual papercraft di saat sedang booming sesuatu. Misalnya, sedang booming film pahlawan super Marvel, disaat itulah kamu menjual papercraft berwujud pahlawan-pahlawan Marvel seperti Iron Man, Captain America, Hulk, Thor, dan Spiderman.

Menjual papercraft juga bisa dilakukan kapan saja itu berarti kamu bisa menjualnya di saat kamu sedang ada waktu luang, santai alias tidak mengganggu pekerjaan utama jika kamu masih punya pekerjaan. Namun jika sudah tidak punya pekerjaan kamu bisa menjualnya setiap hari asal rajin, sabar, dan tekun seperti yang dilakukan oleh Arista Dwi yang dapat menghasilkan keuntungan per bulan sebanyak Rp 9 juta dengan omset 25 juta.

Baca ini juga:  Bingung Mulai Usaha Apa yang Menguntungkan? Ini Jawabannya!

Mengapa harus usaha berjualan papercraft?

Selain bisa menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah, bisnis papercraft juga masih mempunyai peluang usaha yang lebar karena belum begitu banyak yang menggarap. Padahal bisnis ini hanya membutuhkan kertas yang harganya pun murah dan mudah didapat. Tak hanya itu, bisnis papercraft juga bisa menjadi usaha yang menguntungkan karena ada nilai investasi di dalamnya. Investasi itu bukan hanya nilai barang yang bisa berubah sewaktu-waktu tetapi juga investasi dalam bentuk si perakitnya. Bagai merakit kayu atau memahat patung tentu saja ada nilai seni berupa kreativitas dan kesabaran si perakit di dalamnya ketika melihat papercraft sebagai sebuah seni bernilai tinggi. Hal inilah yang bakal menjadi nilai lebih. Tentu hal ini akan menyenangkan buat kamu karena bakal dihargai dan diberikan pekerjaan ketika ada proyek membuat papercraft yang demikian. Dan, jangan lupa juga bergabung dengan komunitas penjual dan kolektor papercraft yang ada untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!