10 Ide Usaha Rumahan bagi Ibu Rumah Tangga

3 min read

usaha rumahan yang menjanjikan saat ini

usaha rumahan yang menjanjikan saat ini

Bagi Anda khususnya Ibu Rumah Tangga yang sedang repot mengurus anak namun ingin tetap mendapat penghasilan tambahan pribadi guna membantu meringankan pekerjaan suami bisa dengan usaha sampingan yang menjanjikan saat ini. Usaha sampingan dengan modal minimalis tetapi mendapat untung yang lumayan memang marak diperbincangkan, namun jenis usaha apa saja yang demikian? Yuk simak bareng-bareng!

 

  1. Jual Pulsa

Zaman semakin maju dan semakin banyak kalangan yang menggunakan gadget atau smartphone, ditambah dengan semua fasilitas hampir 75% menggunakan jasa online. Maka, pembelian kartu data internet akan meningkat drastis setiap waktunya, apalagi jumlah aplikasi yang beragam semakin membuat paket data habis terjual.

 

Melihat pangsa pasar yang demikian Anda bisa membuka toko kecil dengan modal hanya bekisar Rp 2 jutaan saja depan rumah untuk mendapatkan laba yang lumayan. Untuk pemula, Anda bisa membuka modal pertama Rp. 500 ribu sebagai deposit awal pulsa reguler dan ketika semakin banyak konsumen Anda bisa menaikkan angka modal dan menambah fitur penjualan seperti kartu data, aksesoris handphone.

 

  1. Membuka Jasa Laundry

Membuka jasa laundry juga sangat prospek sekali untuk Ibu Rumah Tangga karena banyak orang bekerja hingga malam baik suami maupun istri sehingga untuk mencuci saja tidak sempat.

Jika Anda tinggal di pinggir jalan, dekat perumahan, kampus atau kos-kosan maka ladang rupiah bisa diraup dari membuka jasa laundry. Pembukaan pertama laundry ini membutuhkan modal bekisar Rp. 7 jutaan dengan kebutuhan mesin cuci plus pengering 1 buah dahulu, setrika 2 buah, hanger, pengharum pakaian, sabun cuci, listrik, almari, meja gosok.

 

Agar usaha laundry cepat berkembang maka buat pelayanan sebaik dan semenarik mungkin, jangan memikirkan laba besar di awal pembukaan tetapi yang lebih penting adalah meraup konsumen untuk menjadi pelanggan tetap dahulu. Jika hal itu berhasil, maka belakangnya otomatis akan mendapatkan laba.

Baca ini juga:  Yuk Tambah Penghasilan dengan Inspirasi Usaha Sampingan

 

  1. Membuka Jasa Les Privat

Les privat bisa dijadikan alternatif Anda dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah, tanpa mengeluarkan modal sekalipun dan hanya mengandalkan ilmu yang telah ditimba selama studi di Universitas.

Les bisa dimulai sore hari hingga malam hari, rata-rata maksimal jam 9 malam. Jenjang yang cukup ringan adalah Sekolah Dasar tetapi dengan honor yang tidak sebesar jenjang Sekolah Menengah Atas.

 

Sehari Anda cukup menerima 2 anak les privat dengan honor per anak sekitar Rp. 20.000, maka sehari bisa mengantongi Rp. 40.000/ 2 anak. Cukup lumayan kan? Jika dikalikan sebulan datang les sebanyak 16 kali maka honor totalnya adalah bekisar:

16 hari x 2 anak x Rp. 20.000 = Rp. 640.000

 

  1. membuka jasa laundry

Menulis artikel bisa juga menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan suntikan dana dengan waktu yang tidak terikat. Jasa penulis online ini tergantung dari banyak kata dan jumlah judul yang dipesan, harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp. 8.000/ 500 kata. Harga tersebut tidak menjadi patokan pasti namun akan menyesuaikan dengan pemesanan artikel. Jam kerja juga santai dan tidak “ngoyo”, apalagi bagi mahasiswa yang jadwal kuliah padat tetapi ingin menambah penghasilan bisa mencoba usaha ini.

 

  1. Jual Minuman

Minuman dengan berbagai varian rasa dan kombinasi sekarang sedang tren di kalangan anak muda dan dewasa, rasa yang khas serta harga yang bersahabat bisa dijadikan peluang Anda dalam membuka usaha ini.

 

Jika Anda tinggal di kawasan anak sekolah atau ramai jalanan cukup merogoh kocek sebesar Rp. 3 jutaan untuk membuka usaha ini, misalnya jus atau teh gelas dengan wadah yang menarik asalkan dalam pelayanannya maksimal dan harga yang ramah di dompet semua kalangan.

Baca ini juga:  Cara Berbisnis Kecil

 

  1. Membuka Jasa Fotocopy

Jika Anda tinggal di sekitar kampus, kawasan industri, atau sekolahan bisa membuka jasa fotocopy karena untuk jangka panjangnya lumayan baik sekali. Akan tetapi, modal yang dikeluarkan memanglah tidak sedikit, Anda harus menyediakan dana bekisar Rp. 40.000.000 untuk mesin fotocopy yang bekas dan perkakas lainnya.

 

  1. Membuka Agen Jajanan Pasar

Agen jajanan pasar juga lumayan meraup keuntungan sebagai tren usaha sampingan yang menjanjikan saat ini, Anda bisa menyediakan tempatnya saja dan menerima jajanan untuk dititipkan di tempat Anda.

 

Keuntungan diambil per item jajanan, misalnya ada 10 orang menitipkan jajanan A sebanyak 50 buah, harga dari pembuatnya Rp. 1000 kemudian Anda jual Rp. 1.500. Anda akan mendapatkan laba 500/ buah. Jika semua dagangannya habis maka, 10 orang x 50 buah x Rp. 500 x 26 hari = Rp. 6.500.000

 

Semakin banyak jenis jajanan maka laba yang diraup juga semakin banyak, namun Anda harus peka memperhatikan selera yang paling banyak diminati orang sekitar. Harga yang dijual tidak boleh kemahalan, agar pelanggan tidak kabur ke tempat lain.

 

  1. Membuka Agen Pembayaran Listrik (KIPO)

Agen pembayaran online listrik juga sangat prospek sekali, Anda hanya perlu menyediakan komputer atau laptop dengan printer untuk mencetak struk pembayaran saja.

 

Kemudian Anda bisa mendatangi kantor PLN untuk meminta izin pembukaan agen di rumah. Sistem pembayarannya secara online maka Anda harus menyediakan data internet setiap saat. Laba yang diperoleh adalah dari admin per transaksi setiap harinya, jika satu orang dikenakan admin Rp. 2000 – Rp. 3000 maka ada 10 orang saja setiap hari labanya bekisar,Rp. 2000 x 10 x 26 hari = Rp. 520.000

 

  1. Membuka Salon Rambut
Baca ini juga:  Buka Usaha Yang Bagus Untuk Pemula

Jasa potong rambut atau salon bisa juga baik untuk ke depannya, karena banyak sekali orang yang ingin tampil sempurna dan fresh setiap hari. Akan tetapi, modal yang dikeluarkan sedikit lebih besar bekisar Rp. 5 – 7 jutaan.

 

Untuk membeli perkakas seperti alat sampo, gunting, hair dryer, keperluan perawatan rambut.

 

  1. Catering Anak Kos-Kosan

Catering dengan harga murah dan masakan yang enak pastinya akan selalu dicari oleh semua kalangan baik mahasiswa atau pekerja yang enggan untuk memasak. Ada baiknya jika Anda yang ingin menggeluti usaha ini menawarkan selera yang cocok di lidah konsumen, ada kalanya yang tidak menyukai makanan berselera manis atau asin maka sesuaikan rata-rata selera area lingkungan Anda.

 

Hal yang terpenting dari usaha catering adalah waktu pengantaran harus tepat waktu agar masakan yang Anda buat tidak sia-sia. Dimulai dari catering kecil kelas kos-kosan Anda bisa ekspansi ke kelas arisan atau acara syukuran, apabila catering Anda semakin berkualitas maka bisa merambah ke kelas pernikahan.

 

Membuka usaha di rumah perlu kesabaran,keyakinan dan manajemen yang matang walaupun hanya dengan modal sedikit. Dari yang sedikit lama-lama akan menjadi bukit, asalkan Anda tidak mudah menyerah, beberapa poin di atas merupakan usaha sampingan yang menjanjikan saat ini dan patut dicoba.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!