Peluang Usaha Sendiri Modal Kecil yang Menguntungkan

3 min read

usaha sendiri dengan modal kecil

usaha sendiri dengan modal kecil

Tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan hidup semakin lama juga akan semakin meningkat. Ditambah jumlah anggota keluarga yang banyak seperti anak-anak yang masih sekolah. Berbagai keperluan pun semakin lama akan semakin mahal, untuk itu Anda harus bekerja dengan rajin dan giat misalnya menjadi pegawai, wiraswasta, atau pengusaha.

Menjadi pegawai atau seorang karyawan memang menguntungkan, tetapi menjadi seorang wiraswasta atau pengusaha dengan menjadi bos untuk apa yang kita lakukan akan lebih menjanjikan. Seorang karyawan juga bisa menjadikannya menjadi usaha sampingan untuk meraih pendapatan yang lebih banyak. Kendala yang banyak disampaikan oleh karyawan ketika ingin memulai usaha sendiri dengan modal kecil adalah bahwa tanpa modal yang besar, akan sulit untuk memulai suatu bisnis atau usaha.

Memulai bisnis tidak melulu harus mempunyai modal besar. Anda juga bisa menciptakan usaha sendiri dengan modal kecil. Apalagi di era milenial seperti saat ini, kecanggihan dari dunia digital bisa Anda manfaatkan untuk meraih keuntungan. Saat ini Anda bisa melakukan usaha tanpa harus buka toko atau ruko, cukup ada kemauan dan ide kreatif memanfaatkan peluang, maka dengan modal kecil usaha juga bisa direalisasikan.

Ada banyak sekali peluang usaha sendiri dengan modal kecil yang bisa Anda coba seperti berikut antara lain:

  1. Laundry

Laundry adalah usaha yang sangat cocok diterapkan pada area yang padat penduduk dimana mayoritas masyarakatnya adalah para pekerja, dan para mahasiswa. Orang-orang tersebut pasti sibuk bekerja atau kuliah dan lebih memilih mencuci pakaiannya pada penyedia jasa laundry. Anda bisa membuka usaha laundry dengan modal kecil diantaranya Anda hanya perlu membeli peralatan laundry seperti mesin cuci, parfum atau pengharum pakaian, setrika pakaian, dan peralatan pendukung lain yang dibutuhkan.

  1. Reseller produk
Baca ini juga:  Keuntungan dan Jenis Peluang Usaha Melalui Internet dengan Modal Kecil

Menjadi reseller produk adalah usaha modal kecil yang cukup menguntungkan untuk dijadikan sebagai usaha sampingan. Untuk menjadi seorang reseller produk, Anda harus mendaftarkan diri pada produsen atau agen produk. Anda bisa memanfaatkan ponsel pintar untuk mempromosikan atau menawarkan produk pada teman-teman, keluarga, sahabat, dan lain sebagainya.

  1. Menjahit pakaian

Khusus bagi Anda yang mempunyai keterampilan dalam menjahit, Anda bisa menjadikannya sebagai ide dalam membuat usaha. Modal awal yang harus Anda miliki selain keterampilan menjahit untuk menciptakan usaha ini adalah mesin jahit, mesin obras, dan perlengkapan yang lain. Semua modal awal tersebut bisa Anda beli dengan harga sekitar 2 juta rupiah. Anda bisa mempromosikan hasil jahitan Anda pada orang-orang di sekitar Anda dengan membatasi pesanan jahit sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Anda bisa lakukan.

  1. Cuci mobil dan motor

Usaha ini terdengar sama dengan usaha laundry yang sama-sama menggiurkan. Apalagi jika usaha cuci mobil dan motor terdapat di pinggir jalan. Modal awal untuk menjajal peluang usaha sendiri dengan modal kecil ini adalah Anda cukup perlu membeli kompresor, shampoo atau sabun motor atau mobil, kain lap, semir ban, dan keperluan lainnya.

  1. Warung kopi

Usaha yang satu ini memang sedang sangat digandrungi. Kebanyakan warung kopi pasti selalu saja ramai dengan orang-orang yang ingin menikmati kopi atau sekedar nongkrong, mengadakan pertemuan, dan lain-lain sambil menikmati sajian kopi. Sekilas usaha ini memang sepele, namun siapa sangka jika dihitung dari segelas kopi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari setengahnya. Modal yang dikeluarkan pun tergolong kecil, Anda hanya perlu menyediakan bubuk kopi atau kopi kemasan yang banyak dijual di pasaran. Usaha ini akan semakin menjanjikan jika letak warung kopi berada di pinggir jalan. Anda juga bisa menambahkan menu makanan ringan lain sebagai pelengkap.

Baca ini juga:  Usaha Apa yang Bagus Sesuai Hobby

  1. Les privat

Jasa mengajar les secara pribadi atau privat mata pelajaran tertentu saat ini sedang banyak dilakukan oleh mahasiswa untuk sekedar menambah uang jajan bahkan menjadi tabungan biaya kuliah. Untuk tahap awal Anda bisa mendatangi rumah murid yang akan Anda ajar. Dan jika sudah mendapat keuntungan berlebih, Anda bisa membuka sendiri tempat les di rumah atau di tempat khusus yang Anda ciptakan, sehingga murid-murid lah yang akan mendatangi Anda. Modal awal menjalankan usaha ini tergolong kecil. Pada tahap awal Anda hanya perlu menyiapkan biaya transportasi. Jika Anda ingin mengajar di rumah, maka Anda perlu menyiapkan ruang belajar, alat tulis, dimana semua itu kurang lebih hanya membutuhkan biaya sekitar 1 juta rupiah saja.

  1. Pangkas rambut

Rambut manusia akan terus tumbuh selama manusia itu hidup. Untuk itu hadirlah penyedia jasa pangkas rambut. Usaha pangkas rambut ternyata dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Usaha pangkas rambut tidak akan pernah kehilangan konsumennya, apalagi jika peluang usaha ini dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya. Berbicara tentang modal, pangkas rambut dapat dijadikan sebagai usaha sendiri dengan modal kecil. Anda hanya perlu menyiapkan alat gunting rambut antara lain gunting rambut, sisir, cermin, dan alat pencukur. Usaha pangkas rambut akan lebih menjanjikan jika diterapkan di kawasan padat penduduk atau di pinggir jalan yang ramai.

  1. Jus buah

Sejati setiap keadaan alam dapat dijadikan sebagai peluang berbisnis. Bagi Anda yang pintar menangkap peluang, iklim tropis yang dimiliki Indonesia bisa dijadikan alasan untuk membuka usaha dengan berjualan es atau jus buah. Modal memulai bisnis ini sangat sederhana dan dianggap modal kecil. Anda hanya perlu mempunyai mesin pencampur blender, buah-buahan segar, dan peralatan pendukung lainnya yang dibutuhkan seperti gelas, sedotan, sendok, dan lain sebagainya.

  1. Catering rumahan
Baca ini juga:  5 Faktor Bisnis Franchise Makanan Ringan di Bawah 5 Juta Laris di Pasaran

Jika Anda suka dan pandai dalam memasak, Anda bisa mencoba usaha catering makanan. Usaha catering dianggap tidak akan pernah ketinggalan zaman dan kehilangan minat pelanggan, karena semua orang butuh makanan apalagi jika ada acara-acara tertentu yang memerlukan adanya jasa catering untuk menyiapkan dan menyajikan makanan. Modal awal untuk memulai usaha catering tergolong kecil yaitu berkisar 3 juta rupiah. Yang perlu Anda siapkan antara lain kompor, gas, rice cooker, bahan baku untuk membuat makanan seperti sayuran, dan lauk pauk, bumbu-bumbu pelengkap masakan, dan kotak makanan untuk menyimpan makanan yang telah jadi.

Itulah penjelasan contoh usaha sendiri dengan modal kecil yang bisa Anda coba untuk menghasilkan pendapatan lebih. Contoh tersebut hanyalah sebagian kecil saja dari banyak ide usaha dengan modal kecil lain yang bisa Anda coba. Tersedia banyak peluang dan ide-ide lainnya bagi Anda yang kreatif, memiliki jiwa pengusaha, dan berani untuk mencoba. Teruslah berfikir kreatif sehingga Anda bisa menemukan peluang usaha yang berbeda dan menjadi sukses. Meskipun usaha tersebut yang telah dijelaskan Anda mulai dengan modal kecil, Anda juga perlu membuat catatan keuangan yang baik, rapi, dan akurat.


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.