Yuk Tambah Penghasilan dengan Inspirasi Usaha Sampingan

3 min read

inspirasi usaha sampingan

inspirasi usaha sampingan

Inspirasi usaha sampingan bisa menjadi jawaban atas kegundahan jikalau  Anda merasa penghasilan belum cukup. Kadang kala meskipun telah memiliki pekerjaan tetap, ada-ada saja kebutuhan kita yang rasanya belum bisa terpenuhi. Nah untuk mengatasi hal demikian, Anda bisa memulai mencoba usaha kecil-kecilan yang bisa dikerjakan secara sampingan. Tak usah bingung cara mulainya, yuk ketahui beberapa step berikut untuk memulainya.

5 Tahap Memulai Usaha Kecil

Ketahui kebutuhan Konsumen

Hal wajib yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha sampingan adalah mengetahui apa sih kebutuhan konsumen. Karena sebaik-baik usaha adalah sesuatu yang menjawab kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi. Dengan begitu hadirnya usaha kecil-kecilan Anda akan diminati dan dibutuhkan. Contohnya ketika Anda hidup di lingkungan kos-kosan mahasiswa, maka usaha sampingan yang Anda bisa jalankan adalah menjual makanan atau lauk-pauk. Karena sudah pasti mahasiswa sangat butuh makanan dan lauk-pauk yang Anda jajakan.

Fokus pada Satu Usaha

Jikalau Anda memiliki banyak minat di bidang berbagai usaha, sebaiknya Anda segera mengurungkan niat tersebut. Karena mau tak mau Anda harus mengingat bahwa usaha yang akan Anda jalankan adalah usaha sampingan, bukan pekerjaan utama Anda. Jadi Anda harus tetap mengingat kapasitas Anda, karena Anda sejatinya adalah pekerja yang memiliki kerjaan utama. Selain itu jikalau Anda memiliki berbagai macam usaha kecil-kecilan yang ingin dijalankan, Anda akan keteteran. Alih-alih mendapatkan penghasilan tambahan, pekerjaan utama Anda bahkan bisa berantakan loh.

Membuat Perencanaan Matang

Meski berupa pekerjaan tambahan dari kerjaan utama, Anda harus membuat perencanaan yang matang dan jelas.  Perencanaan yang matang akan menentukan bagaimana keberhasilan usaha Anda ke depannya. Anda harus merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari mengetahui keadaan pasar, menentukan jenis inspirasi usaha sampingan apa yang ingin dijalankan, berapa modal yang dibutuhkan hingga perencanaan marketing. Jika perencanaan Anda sudah jelas, maka saat itu pula lah Anda sudah siap untuk memulai usaha sampingan Anda.

Baca ini juga:  5 Hal Penting Untuk Membuka Peluang Usaha Franchise di Luar Kota Besar

Menggunakan Kekuatan Sosial Media

Saat ini sosial media adalah sesuatu yang tak bisa lepas dari kehidupan kita, bahkan dari berbagai kalangan. Kendati kadang kala sosial media ini memiliki banyak efek negatif tapi sebagai calon pengusaha kita harus melihat sisi positifnya. Dalam hal ini peluang marketing yang sosial media tawarkan. Bahkan Anda bisa memasarkan produk Anda di sosial media secara gratis. Tak usah muluk-muluk ingin langsung membayar jasa endorse. Anda bisa memulainya dengan memposting di sosial media Anda sendiri.

Pekerjaan Kantor Tetap Hal Utama

Sebagai seseorang yang memiliki pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, Anda harus bisa membagi waktu. Dan yang namanya pekerjaan sampingan, pekerjaan utamalah yang harus tetap diutamakan. Bukan pekerjaan utama yang malah dikesampingkan. Oleh karenanya sangat penting untuk dapat mengatur waktu Anda dengan baik. Jangan sampai karena terlalu sibuk mengurusi usaha sampingan Anda mulai menunda-nunda pekerjaan kantor Anda. Tak dipungkiri fokus pada dua hal adalah bukan hal yang mudah, namun Anda tetap bisa mengatur skala prioritas Anda. Anda harus memprioritaskan pekerjaan kantor Anda lalu menempatkan usaha sampingan sebagai prioritas kedua.

Jikalau masih terasa sulit menemukan inspirasi usaha sampingan apa yang cocok bagi Anda. Anda bisa mencoba beberapa referensi usaha kecil-kecilan berikut

6 Ide yang menginspirasi usaha kecil

Reseller online shop

Dengan kekuatan sosial media, Anda sudah bisa memulai bisnis online shop. Apalagi saat ini para konsumen lebih menyukai berbelanja di online shop ketimbang harus meluangkan waktu untuk berbelanja di  pasar atau mall. Cara menjalankan bisnis ini pun tak sulit, Anda hanya perlu mengambil barang di supplier lalu setelah itu Anda dapat menaikkan harganya di online shop Anda sendiri. Cukup memasarkannya lewat akun sosial media Anda, lalu para pembeli pun akan memesan lewat online. Anda pun bisa menjalankan usaha ini saat Anda bekerja di kantor, Anda hanya perlu melayani pesanan lewat online.

Baca ini juga:  Jenis Usaha Samping Modal Kecil Untung Besar

Programmer

Usaha sampingan selanjutnya yang bisa Anda jika Anda memiliki kemampuan dibidang IT adalah website freelance programmer. Pekerjaan seperti ini tak mengharuskan Anda pergi ke kantor senin-jumat dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Anda bisa mengerjakan proyek website yang dibutuhkan oleh klien Anda pada saat pulang dari pekerjaan kantor. Cukup menggunakan laptop, skill programming dan jaringan internet Anda sudah bisa menjadi freelancer programmer. Bayarannya pun tak bisa dipandang sebelah mata, mengerjakan satu website bisa dibayar hingga jutaan rupiah loh. Cukup menjanjikan bukan?

Fotografer

Punya hobi di bidang fotografi?  Anda bisa menyalurkan hobi memtoret ini menjadi sesuatu yang dibayar. Yup, Anda bisa menjadi seorang freelancer fotografer. Dengan bekerja sesuai dengan hobi Anda rasanya pasti jauh lebih menyenangkan. Pekerjaan freelancer fotografer sangat cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menghasilkan duit yang lumayan. Anda bisa memulai karir sebagai freelancer fotografer di acara wisudaan, hunting-hunting foto biasa hingga di acara nikahan sekalipun. Tak perlu meluangkan waktu yang banyak, freelancer fotografer ini hanya membutuhkan waktu saat acara hari H nya saja.

Jasa titip

Pada saat Anda liburan di luar kota atau di luar negeri tanpa Anda sadari, sebenarnya pada saat itulah terdapat peluang usaha sampingan yang mudah dan tetap menguntungkan. Jasa titip bisa menjadi usaha kecil-kecilan yang tidak membutuhkan banyak tenaga. Modalnya pun sangat sedikit bahkan nyaris tanpa modal. Smartphone di tangan Anda serta akun sosial media Andalah yang akan menjadi modalnya. Anda bisa menawarkan jasa titip lewat akun sosial Anda seperti jasa titip kue kekinian artis hingga barang-barang branded.

Vlogger

Setelah bekerja di kantor senin-jumat, pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan di saat weekend adalah menjadi seorang Vlogger. Anda pun tak harus langsung membeli kamera mahal layaknya para Vlogger-vlogger terkenal, cukup gunakan smartphone Anda saja dulu. Agar lebih menyenangkan Anda bisa mengambil konten sesuai dengan minat Anda. Contohnya jikalau Anda suka makan Anda bisa menjadi Food Vlogger, atau menjadi Beauty Vlogger jikalau Anda menyukai bidang kecantikan. Penghasilannya pun tak bisa dipandang sebelah mata, para Vlogger terkenal saat ini bahkan bisa meraup puluhan juta hingga ratusan juta perbulannya.

Baca ini juga:  Mencari Kerja Sampingan Buat Kamu yang Masih Mahasiswa (Bagian 2)

Jual Kue

Bagi Anda yang memiliki hobi memasak, usaha sampingan ini sangat cocok untuk Anda. Anda hanya perlu bangun agak lebih cepat untuk membuat kue sebelum ke kantor. Atau bisa juga kue yang Anda jajakan hanya akan dibuat setelah ada pesanan. Di era serba cepat seperti sekarang ini, semuanya bisa Anda jual di sosial media. Termasuk kue yang akan Anda jajakan. Anda tak perlu takut untuk memulainya karena berpikir masalah peluang. . Entah hanya untuk dijadikan sebagai camilan, atau kue untuk keperluan suatu acara, inspirasi usaha sampingan ini akan terus diminati, karena saat ini banyak orang yang ingin praktis langsung membeli kue jadi saja


Sudah Baca Artikel ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!